Charles Darwin

9.12.10
Charles Darwin yang nama lengkapnya Charles Robert Darwin adalah seorang tokoh ilmuwan Inggris yang memperkenalkan sebuah teori evolusi yang menyatakan bahwa hewan itu berevolusi, begitupun manusia. Dia lahir di Shrewsbury, Shropshire, Inggris 12 Desember 1809 dan meninggal di Downe, Kent, Inggris, 19 April 1882 ketika berumur 72 tahun. Teorinya saat ini dianggap sebagai bagian dari biologi. Dia mengembangkan ketertarikannya dalam sejarah alam pada waktu belajar ilmu kedokteran, dan setelah itu teologi di universitas. Bukunya The Origin of Species (1859) yang menjelaskan evolusi melalui garis keturunan yang sama sebagai penjelasan tentang keanekaragaman di alam, merupakan hasil karyanya yang paling populer hingga saat ini.

Charles Darwin menikah dengan sepupunya Emma Wedgwood di Maer dan dikaruniai sepuluh orang anak yang tiga di antara mereka meninggal dalam usia dini. Beberapa anak mereka menderita penyakit atau lemah tubuh yang dikuatirkan Darwin disebabkan oleh garis keturunannya dengan Emma yang cukup dekat.

Sebenarnya Darwin telah lama memikirkan tentang ide evolusi bahwa semua spesies berasal dari satu garis keturunan dan berkembang menjadi spesies baru karena mutasi, namun dia penasaran dengan mekanisme proses tersebut. Hal itulah yang membuat dia mengembangkan teori tersebut. Bukunya The Origin of Species mendapat tantangan keras oleh banyak pihak.

Referensi: Kamus Pengetahuan Umum, Wikipedia

Informasi/Berita tentang Charles Darwin ini dipublikasikan pada hari Kamis, 09 Desember 2010

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap