Daun

9.12.10
Daun adalah bagian dari tumbuhan yang berfungsi sebagai penghasil energi dari hasil fotosintesis. Daun adalah organ yang paling penting bagi tumbuhan untuk kelangsungan hidupnya karena tumbuhan merupakan organisme autrotof obligat yang berarti harus menghasilkan energi sendiri dari proses konversi energi cahaya ke energi kimia.

Daun umumnya berwarna hijau dan memiliki beragam bentuk tapi yang biasa kita lihat berbentuk helaian tipis atau tebal. Daun juga dapat berevolusi menjadi duri (misalnya pada tumbuhan kaktus) yang mengakibatkan kehilangan fungsi sebagai organ fotosintesik. Daun tumbuhan sukulen bisa juga beralih fungsi menjadi organ penyimpan air.

Hijau daun berasal dari klorofil yang merupakan senyawa pigmen yang berperan dalam mensortir panjang gelombang cahaya dalam proses fotosintesis. Daun juga memiliki pigmen karoten (jingga), xantofil (kuning, dan antosianin (merah, biru, atau ungu). Daun yang sudah tua akan kehilangan klorofil sehingga berubah warna menjadi kuning atau coklat kemerahan.

Fungsi daun ialah sebagai tempat proses fotosintesis, sebagai organ pernapasan (pada stomata), tempat transpirasi, gutasi, serta alat reproduksi vegetatif (misalnya pada tumbuhan cocor bebek).

Referensi: Kamus Pengetahuan Umum, Wikipedia

Informasi/Berita tentang Daun ini dipublikasikan pada hari Kamis, 09 Desember 2010

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap