Bagaimana Cara Mengedit Registry?

26.5.11
Registry Editor (regedit.exe) ada dalam sebagian besar versi Windows, walaupun tak ada pada start menu. Editor tersebut memungkinkan anda untuk melihat, mencari, mengedit data dalam Registry. Ada beberapa metode untuk membuka Registry Editor, yang paling gampang ialah mengklik tombol Start, pilih Run, dan ketik "regedit", jika ada Registry Editor maka akan tampak tampilan seperti di bawah.

Mengedit Registry Windows

Registry Editor alternatif (regedt32.exe) tersedia untuk digunakan dengan Windows NT/2000, termasuk beberapa fitur tambahan yang tidak ditemukan pada versi standar, misalnya kemampuan untuk melihat dan memodifikasi security permission, dan mampu untuk menciptakan dan memodifikasi value extended string REG_EXPAND_SZ & REG_MULTI_SZ.

Cara kedua ialah dengan membuat shortcut pada Regedit. Hal ini bisa dilakukan hanya dengan klik kanan pada area kosong desktop, pilih New, kemudian Shortcut, kemudian isikan "regedit.exe" dan klik next, isikan nama yang lebih gampang diingat misalnya Editor Registry kemudian klik Finish. Sekarang anda dapat membuka regedit hanya dengan mengklik dua kali shortcut yang telah anda buat.

Setelah anda membuka Regedit, anda akan melihat bahwa pada sisi kiri ada folder-folder, dan pada pada kanan isinya (value) folder yang dipilih.

Sama seperti Windows Explorer, untuk melihat struktur registry klik tanda "+" di sisi kiri folder, atau hanya klik dua kali pada folder. Untuk menampilkan isi dari sebuah key (folder), klik key yang ingin dilihat, dan tampilan value akan berada di sisi kanan. Anda bisa menambahkan key atau value baru dengan cara memilih New dari menu Edit, atau dengan klik kanan mouse. Anda dapat merubah nama tiap value dan hampir semua ky dengan metode sama seperti merubah nama file yaitu klik kanan kemudian klik rename, atau klik dua kali tapi dengan durasi yang agak pelan, atau hanya dengan menekan F2 pada keyboard. Anda dapat menghapus sebuah key atau value dengan mengklik dan menekan Delete pada keyboard, atau klik kanan dan pilih Delete.

Sebagai catatan, sebaiknya anda mem-backup registry sebelum melakukan perubahan.

Informasi/Berita tentang Bagaimana Cara Mengedit Registry? ini dipublikasikan pada hari Kamis, 26 Mei 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap