Mengimpor, Mengekspor Setingan Registry

26.5.11
Fitur mantap yang dimiliki oleh Registry Editor ialah kemampuannya untuk mengimpor dan mengekspor setingan registry ke file teks.

File teks ini yang memiliki ekstensi .reg, dapat disimpan atau dibagikan ke teman agar gampang memodifikasi setingan registry. Anda dapat melihat isi dari file teks hanya dengan mengekspor key ke sebuah file dan membukanya dengan Notepad. Caranya ialah dengan Registry Editor pilih sebuah key, kemudian dari menu registry pilih "Export Registry File...", namai kemudian simpan. Jika anda membukanya di notepad anda akan melihat file yang mirip contoh di bawah:

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Setup]
"SetupType"=dword:00000000
"CmdLine"="setup -newsetup"
"SystemPrefix"=hex:c5,0b,00,00,00,40,36,02

Windows Registry Editor Version 5.00 merupakan versi Registry Editor yang digunakan, [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Setup] merupakan alamat key di mana value berasal, "SetupType"=dword:00000000 merupakan value itu sendiri, setelah tanda "=" isinya berbeda-beda sesuai tipe value seperti DWORD, String, atau Binary.

Jadi, hanya dengan mengedit file ini untuk melakukan perubahan sesuai keinginan anda, file tersebut kemudian bisa dengan mudah dibagikan ke orang lain dan hanya perlu untuk mengklik dua kali atau memilih "Import" dari menu Registry untuk menambahkan setingan tersebut ke dalam sistem Registry.

Menghapus key atau value dengan File reg juga dapat dilakukan. Untuk menghapus sebuah key, mulai dengan menggunakan format seperti file reg di atas, tapi tempatkan sebuah simbol "-" di depan nama key yang ingin dihapus. Sebagai contoh untuk menghapus key [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Setup], file reg akan terlihat seperti ini:

Windows Registry Editor Version 5.00

[-HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Setup]

Format yang digunakan untuk menghapus value tertentu juga mirip, tapi tanda "-" tidak diletakkan di depan melainkan setelah tanda "=". Sebagai contoh, untuk menghapus value "SetupType" filenya akan seperti ini:

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Setup]
"SetupType"=-

Gunakan fitur ini secara hati-hati karena menghapus key atau value yang salah dapat mengakibatkan masalah besar dalam registry, jadi selalu ingat untuk mem-backup registry terlebih dahulu.

Regedit memiliki berbagai pilihan perintah untuk membantu automasi penggunaannya baik pada file batch atau dari command prompt. Di bawah ini merupakan beberapa pilihan.
  • regedit.exe [options] [filename] [regpath]
  • [filename] Mengimpor file .reg ke dalam registry
  • /s [filename] Mengimpor Diam-diam, artinya menyembunyikan kotak konfirmasi ketika mengimpor file
  • /e [filename] [regpath] Mengekspor registry ke [filename] mulai dari [regpath] sebagai contoh: regedit /e file.reg HKEY_USERS\.DEFAULT
  • /L:system Menetapkan lokasi system.dat
  • /R:user Menetapkan lokasi user.dat
  • /C [filename] Mengkompresi (Windows 98)
  • /D [regpath] Menghapus key tertentu (Windows 98)


Informasi/Berita tentang Mengimpor, Mengekspor Setingan Registry ini dipublikasikan pada hari Kamis, 26 Mei 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap