Orang Berbudaya Lebih Sehat dan Bahagia

24.5.11
Orang berbudaya atau mereka yang mengunjungi balai kesenian, museum, dan teater secara teratur cenderung menikmati kesehatan yang lebih baik dan lebih puas dengan kehidupan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Epidemiology and Community Health.

Studi ini menemukan bahwa baik pria maupun wanita yang memainkan alat musik, melukis atau mengunjungi teater atau museum merasakan kesehatan yang lebih baik, menikmati kehidupan yang lebih, dan kurang cenderung menjadi cemas atau depresi daripada mereka yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan budaya.

Namun, efek tersebut lebih menonjol pada orang yang tertarik melihat dan memandang budaya daripada mereka yang melakukan kegiatan kreatif budaya itu sendiri.

Para peneliti Norwegia menggunakan kuesioner untuk menentukan seberapa sering 50.797 orang dewasa yang tinggal di Nord-Trondelag County berpartisipasi dalam kegiatan budaya dan untuk menilai keadaan kesehatan yang mereka rasakan, kepuasan hidup, dan tingkat kecemasan dan depresi.

Semua jenis kegiatan budaya secara bermakna dikaitkan dengan kesehatan yang baik dan kepuasan dengan kehidupan, dan orang-orang yang terlibat dalam kegiatan budaya memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang rendah.

Selain itu, lebih banyak budaya yang dialami, semakin besar manfaat untuk kesehatan dan kesejahteraan. Manfaat terbesar terlihat pada orang-orang yang memang melakukan kegiatan budaya seperti mengunjungi teater dan museum.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kegiatan budaya dalam promosi kesehatan serta layanannya bisa dibenarkan.

Informasi/Berita tentang Orang Berbudaya Lebih Sehat dan Bahagia ini dipublikasikan pada hari Selasa, 24 Mei 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap