Apa Itu Abiogenesis?

5.6.11
Dalam ilmu alam, abiogenesis adalah studi tentang bagaimana kehidupan biologis muncul dari materi anorganik melalui proses alami, dan metode di mana kehidupan di Bumi muncul.

Sebagian besar asam amino yang sering disebut "blok pembangun kehidupan", dapat terbentuk melalui reaksi kimai alami yang tidak terkait dengan kehidupan. Pada semua makhluk hidup, asam amino diorganisir menjadi protein, dan pembangunan protein ini dimediasi oleh asam nukleat, yang dengan sendiri tersintesis melalui jalur biokimia yang dikatalisis oleh protein. Molekul-molekul organik mana yang pertama muncul dan bagaimana mereka membentuk kehidupan yang pertama merupakan fokus atau pokok bahasan abiogenesis.

Dalam setiap teori abiogenesis, dua aspek kehidupan harus diperhitungkan yaitu replikasi dan metabolisme. Pertanyaan pertama memunculkan berbagai jenis teori. Pada awalnya, teori metabolisme pertama diusulkan, dan hanya di kemudian hari muncul pendekatan replikasi modern pertama.

Dalam pendekatan modern, masih agak terbatas pemahamannya, makhluk hidup pertama di Bumi dianggap prokariota sel tunggal yang tidak memiliki inti sel, mungkin berevolusi dari protobiont (molekul organik yang dikelilingi oleh struktur mirip membran). Obyek fosil mirip mikroba tertua diperkirakan berusia 3,5 milyar tahun, sekitar satu milyar tahun setelah pembentukan Bumi itu sendiri. Dengan 2,4 milyar tahun, rasio isotop karbon stabil, besi dan belerang menunjukkan tindakan makhluk hidup pada mineral anorganik dan sedimen serta penanda biologis molekular menunjukkan fotosintes, menunjukkan bahwa kehidupan di Bumi meluas pada waktu itu.

Urutan peristiwa kimia yang menyebabkan asam nukleat pertama tidak diketahui. Beberapa hipotesis tentang kehidupan awal telah diajukan, terutama teori dunia besi belerang (metabolisme tanpa genetika) dan hipotesis dunia RNA (bentuk kehidupan RNA).

Informasi/Berita tentang Apa Itu Abiogenesis? ini dipublikasikan pada hari Minggu, 05 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap