Asteroid Melintas Dekat Bumi

25.6.11
Asteroid akan melintas dekat bumi pada hari senin. Menurut Program Obyek Dekat Bumi NASA, asteroid 2011 MD, berukuran 4 sampai 18 meter, atau seukuran rumah, akan melintas cukup dekat (sekitar 12.000 Km) dan dapat diamati dengan teleskop kecil. Sebagai perbandingan, bulan berjarak 402.336 Km dari bumi.

Jalur asteroid itu diperkirakan akan berada di Samudera Atlantik Selatan, dekat pantai Antartika, pada pukul 13.00 waktu Timur, menurut Majalah Sky and Telescope.

Nasa mengatakan analisis orbit asteroeid 2011 MD menunjukkan bahwa tidak ada kemungkinan benda luar angkasa tersebut akan menghantam bumi.

Namun ada kemungkinan sangat kecil, menurut NASA, bahwa asteroid itu bisa bertabrakan dengan salah satu dari sekian banyak satelit yang mengorbit bumi. Lintasan benda angkasa tersebut akan jelas membawanya ke zona geosynchronous atau daerah di mana satelit cuaca serta satelit lainnya berada. Akan tetapi gravitasi bumi diperkirakan akan sangat membengkokan jalur asteroid sehingga benda tersebut akan melintas tepat di cincin geosynchronous.

NASA mengatakan bahwa benda berukuran seperti ini melintasi bumi pada jarak ini sekitar enam tahun sekali.

Menurut Skymania, Asteroid 2011 MD baru ditemukan pada hari rabu, oleh LINEAR, sepasang robot teleskop di New Mexico yang mendeteksi obyek dekat bumi seperti itu.

Skymania mengutip Emily Baldwin dari majalah Astronomy Now, yang mengatakan, "Kami yakin bahwa benda itu tidak akan mengena kita, tapi jika memang benda itu memasuki atmosfer, sebuah asteroid sebesar ini sebagian besar akan terbakar dalam bola api terang, yang mungkin akan menebarkan beberapa meteorit."

Pada tanggal 8 November, Skymania melaporkan asteroid 2005 YU55 yang berukuran 356 meter dan mencapai berat 50 juta ton, akan terbang dalam orbit bulan.

Informasi/Berita tentang Asteroid Melintas Dekat Bumi ini dipublikasikan pada hari Sabtu, 25 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap