Bagaimana Cara Menyanyi

26.6.11
Menyanyi adalah keterampilan yang berbasis pada memori otot. Ini merupakan perpanjangan dari proses berbicara. Untuk menjadi penyanyi yang baik anda harus mampu bernafas dengan benar, bernyanyi dengan kuat (resonansi) dan menyanyi sesuai nada.

Untuk menjadi penyanyi besar anda perlu menambahkan musikalitas yang hanya bisa diperoleh dengan praktek yang berkesinambungan. Menyanyi merupakan kesenangan dan kemungkinan besar anda akan dikagumi jika anda adalah seorang penyanyi yang baik.

Berikut beberapa cara menyanyi yang dapat anda praktekan.

1. Cari pelatih vokal suara atau pengajar olah vokal yang kompeten. Bisa juga seseorang yang anda tahu telah menjalani pelatihan olah suara, tapi lebih baik lagi jika anda mendapatkan yang benar-benar profesional. Melakukan teknik yang salah dapat merusak suara menyanyi anda. Melakukan investasi dengan pelatih vokal yang lebih berpengalaman sebanding dengan uang yang anda keluarkan. Jika suara anda lemah, ketahuilah bahwa ini biasanya disebabkan otot yang kurang berkembang atau penyalahgunaan resonator (faring, palatum durum, dan rongga hidung). Otot dapat diperkuat dan dengan latihan anda dapat belajar bagaimana menggunakan resonator untuk mengeluarkan suara yang kuat.
  • Jika anda tidak mampu atau tidak ingin menyewa pelatih suara profesional, pertimbangkan untuk bergabung dengan paduan suara lokal anda. Di situ anda akan dituntun bagaimana cara menyanyi dengan benar.
  • Hati-hati dalam memilih pelatih, ada beberapa pelatih yang memang tidak berkompeten. Jika anda masih bersekolah dan memiliki paduan suara, cobalah untuk bergabung dan menyanyi dari hati anda.
2. Pelajari jangkauan vokal anda. Hal ini penting, karena bernyanyi pada rentang yang salah mungkin dapat meregangkan suara anda. Nada suara anda jauh lebih penting dari jangkauan. Orang akan menyukai atau membenci suara anda berdasarkan karakter suaranya, bukan seberapa banyak nada yang dapat anda gapai. Jangan pernah mengorbankan warna suara untuk jangkauan (tetaplah pada jangkauan anda). Jangkauan nada anda dapat berubah seiring waktu dan dengan kedewasaan serta latihan, tapi pita suara tidak dapat belajar untuk berubah secara fisik.

3. Perbaiki postur anda. Berdiri tegak dengan satu kaki sedikit di depan kaki lainnya selebar bahu. Hal ini memungkinkan anda untuk bernafas dengan mudah dan untuk memungkinkan kapasitas maksimum paru-paru untuk menghasilkan nada dan frase yang lebih baik. Berdiri tegak, dan pastikan dada anda tinggi untuk memberikan ruang bagi paru-paru untuk meluas dan berkontraksi. Rilekskan rahang serta wajah anda.

4. Bernafas dengan baik. Suara paling tepat digambarkan sebagai instrumen angin, karena 80% dari bernyanyi adalah pernafasan dan menyanyi yang baik diawali dan diakhiri dengan pernafasan yang tepat.

5. Kenali alat menyanyi anda sehingga anda lebih akrab dengan cara semuanya bergerak dan bagaimana rasanya.
  • Sentuh bagian tulang selangka anda, sekitar setengah inci di bawah jari anda adalah bagian atas dari paru-paru.
  • Cari garis puting anda. Ini adalah tempat di mana paru-paru anda mengembang paling besar.
  • Temukan tulang rusuk anda. Tulang rusuk bergerak seperti pegangan ember yang melekat pada tulang belakang dan tulang dada anda. Ketika anda menghirup udara, tulang tersebut bergerak ke depan dan membuat dada anda mengembang, ketika anda mengeluarkan udara, tulang tersebut bergerak ke bawah dan menurunkan dada anda.
  • Cari titik tepat di bawah tulang dada dan tulang iga bertemu. Ini adalah bagian bawah paru-paru dan tempat diafragma anda. Alasannya mengapa perut anda membesarketika anda mengambil nafas dalam-dalam ialah karena diafragma anda menekan semua yang berada di bawah rusuk, bukan karena paru-paru anda berada di perut.
6. Kembangkan dan tunjukkan rasa percaya diri anda. Tidak peduli apa yang dipikirkan orang, tetaplah berlatih dan anda akan mendapatkan kepercayaan diri. Pastikan bahwa anda siap menyanyi.

7. Selalu lakukan pemanasan sebelum anda menyanyi atau lakukan latihan praktek. Anda harus selalu memanaskan suara anda dengan pola ini: kisaran atau jangkauan menengah, kisaran rendah, kisaran tinggi, kemudian kembali ke tengah. Anda harus menghabiskan setidaknya 10 menit pada tiap kisaran dan jangan menekan suara anda jika anda frustasi tidak dapat mencapai suatu nada. Kembali lakukan pemanasan pada jangkauan atau kisaran yang anda rasa nyaman, kemudian coba lagi secara hati-hati. Hal lain yang perlu dilatih:
  • Dinamika - Nanyikan nada yang nyaman dan mulai dengan sangat lembut, lambat laun menjadi keras kemudian menjadi kembali lembut. Lakukan ini dengan banyak vokal dan nada. Dinamika merupakan variasi intensitas resonansi anda. Bahkan penggunaan sederhana dinamika akan membuat lagu menjadi hidup, dan semakin anda berlatih, semakin keras dan lembut anda dapat menyanyi dengan baik. Tanda dinamika dari yang paling lembut hingga paling keras ialah pp (pianissimo, sangat lembut atau pelan), p (piano, lembut), mp (mezzo piano, lembut sedang), mf (mezzo forte, keras sedang), f (forte, keras), ff (fortissimo, sangat keras). Ketika anda mulai mungkin anda hanya dapat menyanyi dari mp ke mf, tapi jangkauan anda akan meningkat dengan latihan.
  • Agilitas - Cobalah untuk menyanyi dari do ke sol ke do dengan sangat cepat bolak-balik, coba untuk mencapai semua nada. Lakukan ini dengan penambahan sebesar setengah langkah pada silabel berbeda. Hal ini akan membantu suara anda menjadi lebih fleksibel.
8. Mengucapkan vokal anda dengan benar. Kata-kata tidak lain dari suksesi konstan vokal dengan tambahan konsonan untuk menciptakan makna. Jadi praktekan semua vokal anda pada setiap nada (tinggi, rendah dan di antaranya).

9. Latihan Skala. Anda perlu sering melakukan ini jika anda memiliki masalah pengontrolan nada. Kebanyakan pelatih akan merekomendasikan 20-30 menit setiap hari ketika mulai latihan. Latihan skala juga akan memperkuat otot yang digunakan untuk menyanyi dan memberikan anda kendali lebih baik. Untuk melatih skala, ketahuilah jangkauan nada anda (tenor, bariton, alto, sopran, dll.) dan ketahui bagaimana cara mencari nada yang meliputi jangkauan anda pada keyboard atau piano. Kemudian latih skala utama di setiap kunci bergerak ke atas dan ke bawah menggunakan suara vokal. Pada titik tertentu anda dapat mulai pada skala minor juga.

10. Bersikap wajar dengan harapan diri anda. Terlepas dari mana anda berasal, jika anda dapat mencurahkan waktu 20 menit atau lebih sehari untuk berlatih skala dan lagu-lagu, anda bisa mengharapkan peningkatan terukur dalam empat minggu. Masalah pengontrolan nada paling dapat dikoreksi dalam 3-4 bulan. Pahamilah bahwa kemajuan anda terhubung dengan kemampuan anda untuk berlatih setiap hari (sebagaimana kebanyakan latihan yang ada). Jika anda hanya berlatih 15 menit setiap hari, hanya beberapa hari dalam seminggu, anda bisa menghabiskan satu tahun atau lebih. Jika anda tekun anda dapat benar-benar mengubah suara anda dalam tiga bulan. Memang, setiap orang itu berbeda.

Setidaknya anda berusaha untuk mencari tahu bagaimana cara menyanyi. Jika anda memiliki seperangkat karaoke di rumah, cobalah untuk memutarnya dengan keras dan ikuti nyanyiannya, tapi jangan sampai mengganggu tetangga. Jika mungkin, buatlah semacam studio atau ruangan yang dapat meredam suara untuk kenyamanan bersama.

Informasi/Berita tentang Bagaimana Cara Menyanyi ini dipublikasikan pada hari Minggu, 26 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap