Bawang Putih Obati Hipertensi

30.6.11
Siapa yang tak kenal bawang putih? Kebanyakan orang apalagi yang suka memasak mengenal bawang putih sebagai bumbu masakan, tapi bukan sekadar itu saja, bahan bumbu yang sudah lama kita kenal itu ternyata juga ampuh mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Tidak sedikit orang yang mengidap hipertensi karena berbagai faktor dan penyakit ini jarang ditandai oleh kehadiran gejala yang mengejutkan. Keberadaan hipertensi biasanya ditandai dengan gejala tingkat tekanan darah di atas normal, sehingga membutuhkan penanganan khusus sebelum akhirnya membuahkan serangan komplikasi dalam jangka panjang. Akan tetapi, bagi anda yang memiiki gangguan hipertensi tersebut, kini tak perlu khawatir. Ada sebuah ramuan sederhana, yakni suplemen bawang putih yang siap membantu menurunkan kadar hipertensi anda.

Penelitian telah membuktikan bahwa bawang putih memiliki manfaat untuk mengobati tekanan darah tinggi. Sebagai bagian dari penelitiannya, seorang dokter Australia mendaftarkan 50 pasiennya untuk dijadikan subjek penelitian. Dari sana, dokter tersebut melihat apakah suplemen bawang putih benar-benar dapat membantu mereka yang terserang tekanan darah tinggi yang mereka alami.

Dalam studi sebelumnya, suplemen bawang putih juga telah terbukti dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi pada mereka dengan serangan hipertensi yang sulit terobati.

Dalam penelitian ini, peneliti dari University of Adelaide, Australia, mengamati efek dari empat kapsul suplemen yang berbahan baku bawang putih selama 12 minggu. Dari sana, mereka menemukan bahwa tekanan darah sistolik sekira 10mmHg lebih rendah pada kelompok yang diberi bawang putih dibandingkan dengan mereka yang diberikan placebo.

"Suplemen bawang putih dikaitkan dengan efek menurunkan tekanan darah secara klinis pada pasien dengan diagnosa hipertensi," jelas Ried, salah satu peneliti kepada BBC.

Para ahli menginformasikan bahwa suplemen bawang putih tersebut hanya boleh digunakan setelah mendapatkan referensi dari bagian medis sehingga khasiat bawang putih tersebut dapat berjalan sempurna. Selain menurunkan hipertensi, bawang putih pun dapat mengencerkan darah, serta secara fleksibel dapat berinteraksi dengan jenis obat-obatan lainnya.

Jika anda jarang mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung bawang putih, tidak ada salahnya secara alami dan tidak berlebihan menambahkannya ke dalam menu makanan anda setiap hari. Alam telah menyediakan kita segala kebaikan yang diperlukan, dan salah satunya melalui bawang putih.

Informasi/Berita tentang Bawang Putih Obati Hipertensi ini dipublikasikan pada hari Kamis, 30 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap