Fotografi: Memotret dari Pinggang

26.6.11
Memotret dari pinggang adalah gaya fotografi yang digambarkan sebagai memotret foto dari ketinggian pinggang tanpa menggunakan jendala bidik kamera untuk memusatkan subyek.

Ini merupakan teknik yang dapat dipelajari dan bisa sangat mengena atau meleset sementara anda mempelajarinya. Namun, begitu anda menguasai keterampilannya, anda biasanya akan memiliki beberapa foto yang menakjubkan. Metode fotografi ini disukai oleh banyak fotografer untuk karya seni unik dan bervariasi yang dapat dibuat melalui foto-foto tersebut.

Ada beberapa keuntungan menggunakan gaya fotografi ini. Fotografer yang telah belajar bagaimana melakukan pemotretan dari pinggang memiliki keuntungan lebih dari fotografer lain karena mereka mampu menangkap sisi alami subyek mereka daripada meminta mereka berpose. Ketika subyek adalah seseorang, mereka mungkin sangat santai dan alami ketika mereka berpikir sang fotografer tidak mengarahkan kamera pada mereka, dan mereka menjadi tegang, kaku dan tidak alami ketika kamera diangkat sejajar dengan mata fotografer. Memotret dari pinggang memungkinkan pengambilan momen alami dan santai.

Keuntungan lain dari gaya fotografi ini adalah kecepatan di mana anda dapat mengambil foto. Tanpa meluangkan waktu untuk membawa kamera ke mata dan melakukan fokus, banyak gambar dapat diambil dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini sangat membantu jika anda mengambil foto di sebuah acara olahraga atau acara teater di mana orang bergerak secara terus menerus.

Jika anda ingin mencoba memotret dari pinggang dengan kamera anda, pertama pastikanlah bahwa kamera anda berada pada mode fokus otomatis. Dengan fokus otomatis pada kamera akan membuat anda lebih gampang untuk mendapatkan pemotretan berkualitas ketika anda melakukan metode ini. Anda juga ingin mendekatkan diri sedekat mungkin dengan subyek anda agar anda dapat mengambil foto yang anda harapkan. Cara yang baik untuk latihan memotret dari pinggang ialah menyiapkan kamera anda untuk siap memotret dan pergi jalan-jalan. Ketika anda berjalan, ambil foto sebanyak mungkin tanpa mengedit, anda akan melakukan langkah itu setelah anda kembali ke rumah.

Ingat bahwa memotret dari pinggang adalah keterampilan yang harus dipelajari. Memang perlu waktu untuk menyempurnakannya, tapi saat anda telah menguasainya, anda akan mendapatkan foto-foto yang menakjubkan. Teknik ini sangat populer di kalangan fotografer jalanan karena subyek mereka sering tidak tahu bahwa mereka sedang difoto. Bersenang-senanglah dengan teknik ini dan jangan lupa untuk mengambil gambar sebanyak mungkin karena untuk setiap 50 foto yang anda ambil, anda mungkin hanya bisa mendapatkan satu atau dua foto yang dapat dipakai.

Informasi/Berita tentang Fotografi: Memotret dari Pinggang ini dipublikasikan pada hari Minggu, 26 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap