Hari Pengungsi Dunia

21.6.11
Hari Pengungsi Dunia, yang dirayakan setiap tanggal 20 Juni, didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang situasi pengungsi di seluruh dunia.

Pada tanggal 4 Desember 2000, Majelis Umum PBB dalam Resolusi 55/76 memutuskan bahwa, dari tahun 2001, 20 Juni akan dirayakan sebagai Hari Pengungsi Dunia. Dalam resolusi ini, Majelis Umum mencatat bahwa tahun 2001 menandai ulang tahun ke-50 Konvensi 1951 yang berkaitan dengan Status Pengungsi.

Hari Pengungsi Afrika telah secara resmi dirayakan di beberapa negara sebelum tahun 2000. PBB mencatat bahwa Organisasi Persatuan Afrika (Organization of African Unity OAU) telah setuju untuk Hari Pengungsi Internasional bertepatan dengan Hari Pengungsi Afrika pada tanggal 20 Juni.

Dari tanggal 18-20 Juni Badan Pengungsi PBB (United Nations Refugee Agency UNHCR) memperingati Hari Pengungsi Dunia di Washington, DC, untuk menarik perhatian publik ke jutaan pengungsi di seluruh dunia yang terpaksa meninggalkan rumah mereka. Setiap tahun, UNHCR memilih tema dan menyelenggarakan acara di seluruh dunia.

Informasi/Berita tentang Hari Pengungsi Dunia ini dipublikasikan pada hari Selasa, 21 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap