Implan Payudara dari Silikon Relatif Aman

23.6.11
Dalam laporan baru, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) menyatakan implan silikon untuk payudara relatif aman, meski komplikasi dialami oleh satu dari lima wanita sehingga implan mereka harus diangkat dalam periode 10 tahun.

AS menyetujui implan tersebut pada tahun 2006 setelah lama dihapuskan dari pasaran.

Hari rabu, FDA merilis sebuah laporan setebal 63 halaman tentang keamanan implan silikon gel yang diteliti oleh dua perusahaan besar yang disetujui untuk memproduksi produk tersebut.

Sekitar lima hingga 10 juta wanita di seluruh dunia memiliki implan payudara, kata FDA.

Pada tahun 2006, FDA menyetujui dua merek implan silikon gel untuk wanita di atas 22 yaitu implan Natrelle Allergan dan MemoryGel dari produen Johnson dan divisi Mentor Johnson.

Implan silikon telah dikeluarkan dari pasar sejak tahun 1992, ketika FDA menghapus kekhawatiran tentang pecahnya implan dan kebocoran silikon.

Badan ini memperkenankan implan berisi saline untuk tetap dipasarkan dan mengijinkan distribusi terbatas implan silikon untuk pasien mastektomi dan kasus keperluan medis lainnya.

Menurut laporan baru, sebanyak satu dari lima pasien pembesaran payudara dan setengah pasien rekonstruksi payudara harus mengeluarkan implan itu dalam waktu 10 tahun.

Studi tidak menemukan hubungan antara implan silikon dengan penyakit jaringan ikat, kanker payudara, atau masalah reproduksi, menurut laporan FDA.

Akan tetapi mereka memang menemukan peningkatan resiko "sangat kecil" limfoma sel anaplastik besar.

Komplikasi implan yang paling sering terjadi termasuk implan pecah, kerutan, asimetri, jaringan parut, nyeri, dan infeksi.

Laporan ini menemukan bahwa resiko komplikasi lokal meningkat seiring dengan waktu.

FDA memperingatkan para perempuan bahwa: "Implan payudara bukanlah alat seumur hidup. Semakin lama anda memiliki implan, semakin besar kemungkinannya untuk diangkat."

Namun badan itu juga menemukan bahwa kebanyakan wanita yang memiliki implan payudara melaporkan tingkat kepuasan tinggi dengan citra dan bentuk tubuh, rasa dan ukuran implan mereka.

"Meskipun sering terjadi komplikasi lokan dan hasil yang merugikan, manfaat dan resiko implan payudara cukup dipahami dengan baik oleh wanita untuk membuat keputusan tentang penggunaannya," simpul FDA.

Informasi/Berita tentang Implan Payudara dari Silikon Relatif Aman ini dipublikasikan pada hari Kamis, 23 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap