Istri Susah Tidur Sensitif Masalah Relasi?

15.6.11
Tak ada yang ingin susah tidur. Dilaporkan awal bulan ini bahwa orang yang suka mengganggu bisa saja mengganggu orang lain karena kurang tidur, dan laporan terbaru bulan ini; nampaknya ketika istri tidak bisa tidur, hal itu cenderung memicu ketegangan relasi suami istri keesokan harinya, tapi masalah tidur suami hampir tidak berdampak pada relasi suami istri.

Wendy Troxel, asisten profesor psikiatri di University of Pittsburgh School of Medicine dan ketua peneliti tersebut menjelaskan:

"Penemuan ini mengindikasikan bahwa ketidakmampuan yang berkepanjangan istri untuk tidur meramalkan interaksi hubungan antara dia dan suaminya cenderung lebih negatif dan kurang positif. Wanita umumnya lebih ekspresif dan cenderung membawa suasana emosional pada relasi dengan pasangan. Pria lebih cenderung menekan perasaan mereka atau tidak memperhatikan hal itu."

Pada dasarnya, wanita yang tidak bisa tidur cenderung mengekspresikan stres, mudah tersinggung dan mengungkapkan perasaan mereka.

Pada sampel kecil, para peneliti menguji pola tidur 35 pasangan muda sehat selama 10 malam menggunakan sensor noninvasif yang memonitor siklus istirahat dan aktifitas. Istri yang mengalami kesulitan tidur secara signifikan menunjukkan interaksi suami istri negatif keesokan harinya, menurut penelitian itu. Hasilnya tidak bergantung pada gejala depresi atau diagnosa sebelumnya.

Troxel menambahkan: "Itu merupakan siklus proses yang mempengaruhi pasangan dan menempatkan mereka pada jalan negatif bila menyangkut kesehatan mental mereka. Masalah tidur harus ditangani secara klinis dan mungkin terapi pernikahan perlu jika relasinya bermasalah."

Tetap aktif secara fisik sepanjang hari. Hal ini penting sehari setelah tidak tidur dengan baik. Ketika anda kurang tidur, anda harus lebih aktif sepanjang hari. Menjadi kurang aktif merupakan salah satu hal terburuk yang dilakukan seseorang yang mengalami insomnia.

Latihan fisik (jalan, berenang, senam, dll.) di sore hari nampaknya bisa membantu tidur lebih baik. Juga para penderita insomnia cenderung lebih tidak aktif beberapa jam sebelum tidur. Lakukan latihan ringan. Meregangkan otot telah membantu banyak orang.

Toxel menyimpulkan: "Secara intuitif, masuk akal bahwa anda tidak dapat berfungsi paling baik ketika anda kurang tidur, tapi ada sedikit data yang mengejutkan bagaimana hal ini mempengaruhi relasi pernikahan."

Informasi/Berita tentang Istri Susah Tidur Sensitif Masalah Relasi? ini dipublikasikan pada hari Rabu, 15 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap