Komunikasi Optik

2.6.11
Komunikasi optik adalah setiap bentuk telekomunikasi yang menggunakan cahaya sebagai media transmisi.

Sebuah sistem komunikasi optik terdiri dari pemancar, yang menyandi suatu pesan ke dalam sinyal optik, saluran, yang membawa sinyal tersebut ke tujuan, dan penerima, yang mereproduksi pesan dari sinyal optik yang diterima.

Bentuk-bentuk komunikasi optik

Ada banyak bentuk komunikasi optik non-teknologi, termasuk bahasa tubuh dan bahasa simbol.

Teknik-teknik seperti semafor, bendera kapal, sinyal asap, dan tanda api merupakan bentuk teknologi komunikasi optik pertama.

Heliograf menggunakan cermin untuk memantulkan sinar matahari ke penerima yang berada di jauh. Dengan menggerakkan cermin, penerima yang berada di jauh melihat kilatan cahaya yang dapat digunakan untuk mengirim kode sinyal. Kapal perang sering mengunakan sinyal lampu untuk mengirimkan kode morse dengan cara yang sama.

Api tanda bahaya digunakan oleh pelaut dalam keadaan darurat, sedangkan mercusuar dan lampu navigasi digunakan untuk berkomunikasi navigasi yang berbahaya.

Pesawat menggunakan lampu mendarat di bandara untuk mendarat dengan aman, terutama pada malam hari. Pesawat yang mendarat pada kapal induk menggunakan sistem yang sama untuk mendarat dengan benar pada kapal induk. Sistem cahaya mengkomunikasikan posisi yang benar dari pesawat relatif terhadap tempat pendaratan yang terbaik. Selain itu, banyak menara kontrol masih menggunakan lampu Aldi untuk berkomunikasi dengan pesawat yang mengalami kerusakan radio.

Serat optik merupakan media yang paling umum untuk komunikasi optik digital.

Komunikasi optik ruang bebas juga digunakan saat ini dalam berbagai aplikasi.

Komunikasi serat optik

Serat optik merupakan jenis saluran paling umum bagi komunikasi optik, namun jenis lain gelombang optik digunakan dalam komputer atau peralatan komunikasi, dan bahkan membentuk saluran jarak yang sangat pendek (misalnya chip ke chip, intra chip) dalam uji laboratorium. Pemancar dalam link serat optik umumnya adalah dioda pemancar cahaya atau dioda laser. Cahaya inframerah lebih sering digunakan daripada cahaya yang kelihatan, karena serat optik memancarkan gelombang inframerah dengan redaman dan dispersi yang lebih sedikit. Pengkodean sinyal biasanya modulasi intensitas sederhana, meskipun fase optik dan modulasi frekuensi telah dibuktikan di laboratorium. Kebutuhan akan regenerasi sinyal periodik sebagian besar digantikan oleh penerapan penguat serat erbium-doped, yang memperpanjang jarak link dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Komunikasi optik ruang bebas

Sistem Optik Ruang Bebas umumnya digunakan untuk komunikasi "last mile" dan dapat berfungsi pada jarak beberapa kilometer selama ada garis jelas terlihat antara sumber dan tujuan, dan penerima optik dapat menyandikan informasi yang dipancarkan.

Informasi/Berita tentang Komunikasi Optik ini dipublikasikan pada hari Kamis, 02 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap