Makanan Untuk Awet Muda

16.6.11
Pernakah anda bercermin dan mendapati diri anda sudah tidak muda lagi, kemudian anda berkata dalam hati aku ingin kelihatan lebih muda dan segar? Anda tentunya bisa mendapatkan perawatan di berbagai salon kecantikan dengan menggunakan produk yang mahal. Namun, hanya dengan mengkonsumsi makanan tertentu anda bisa awet muda.

Berikut beberapa jenis makanan untuk awet muda yang akan membuat anda tampil lebih muda dan segar.

Tomat - Buah kemerah-merahan yang sudah tak asing lagi di berbagai penjuru bumi adalah salah satu jenis makanan untuk awet muda. Manfaat makanan yang satu ini tak hanya mencegah timbulnya sariawan, menjaga kesehatan mata, dan menjadi pelengkap bumbu masakan, tapi juga membantu mempertahankan keremajaan kulit. Zat yang memberikan warna pada buah tomat yang bernama lycopene, dapat menurunkan pengaruh radiasi sinar ultraviolet sehingga kekenyalan kulit dapat terjaga dengan baik. Makanlah buah tomat mentah dengan minyak zaitun agar supaya zat lycopene bisa diserap tubuh dengan baik.

Sayuran Hijau - Brokoli, sawi hijau, bayam serta kangkung banyak mengandung zat besi dan mineral. Kandungan nutrisi dalam makanan ini dapat mengurangi keriput pada kulit sehingga membuat kulit lebih segar dan tampak muda. Selain itu jenis makanan ini dapat memperlancar buang air besar untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Masukkanlah sayuran hijau dalam menu makanan anda setiap hari, dan jangan dimasak terlalu lama, cukup 2-4 menit agar kandungan nutrisinya tidak hilang dengan panas.

Ubi Jalar - Menurut penelitian, ubi jalar mengandung betakaroten tinggi dan baik untuk menjaga keseimbangan PH kulit. Zat ini juga bermanfaat menjaga kulit agar supaya tidak lekas kering dan melancarkan regenerasi kulit. Makanan untuk awet muda yang satu ini akan membuat kulit anda lembut.

Buah Jeruk Citrus - Di samping rasanya yang segar dan masam, jeruk citrus dapat membuat anda awet muda. Jika anda tak percaya coba saja mengkonsumsi makanan ini dua kali sehari, usai makan besar. Buah ini banyak mengandung vitamin C dan kolagen alami yang mampu memperlambat kematian sel kulit serta melindungi kulit dari sinar matahari yang berlebihan.

Ikan Salmon Liar - Ikan salmon selain memiliki rasa yang enak tapi juga bisa membuat anda awet muda. Ikan salmon liar yang ditangkap di perairan bebas diyakini dapat menghambat proses penuaan kulit. Zat yang terdapat dalam salmon yaitu astaxanthin yang menyebabkan daging ikan tersebut memiliki warna cerah, dapat mencegah kulit untuk tidak keriput dan juga berfungsi sebagai anti radikal bebas. Para ahli kesehatan di Barat mengatakan, secara konsisten mengkonsumsi ikan salmon lima hari sekali merupakan salah satu cara alami untuk awet muda dan mencegah penuaan dini.

Hindari makanan yang mengandung pengawet dan kurangi suplemen - "Masih banyak manfaat makanan segar yang belum diketahui keuntungan lainnya. Akan tetapi semua makanan segar dapat menciptakan proses kimia yang baik untuk tubuh manusia ketimbang suplemen," tutur Nicholas Perricone, dokter spesialis kulit papan atas di AS. Oleh karena itu untuk awet muda, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang segar yang diproses secara benar dan berimbang.

Hindari makanan berwarna putih - Nasi putih, roti, gula pasir, spageti dan pasta tak hanya akan membuat tubuh anda kelebihan berat badan, tapi juga akan mempercepat timbulnya kerutan di kulit. Yang menyebabkan hal itu ialah kandungan gula dalam makanan itu, apalagi jika bercampur dengan protein dapat mempercepat kerusakan kolagen. Bukannya awet muda tapi keriput dini.

Informasi/Berita tentang Makanan Untuk Awet Muda ini dipublikasikan pada hari Kamis, 16 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap