Otak Menyusut Karena Game Online?

24.6.11
Studi baru menunjukkan bahwa terlalu banyak meluangkan waktu online, apalagi bermain game online dapat menyebabkan otak menyusut.

Terlalu sering online dapat mengubah struktur otak, menurut penelitian Kai Yuan dan Wei Qin dari Universitas Xidian, Cina. Seperti yang kita ketahui yang paling banyak meluangkan waktu online adalah anak-anak. Jika tidak ada penanganan khusus hal ini akan menyebabkan kecanduan.

Meskipun para peneliti masih memperdebatkan istilah "kecanduan internet", penelitian yang diterbitkan di PLos ONE menunjukkan bahwa kebanyakan internet apalagi jika sampai kecanduan game online, akan mengubah struktur otak dan mengakibatkan permukaan otak menyusut.

Data yang diperoleh dari China Youth Internet Association mengatakan bahwa penderita penyakit Internet Addiction Disorder (IAD) di Cina mencapai angka 14 persen atau sekitar 24 juta orang. Sebagai besar kalangannya ialah remaja yang tinggal di perkotaan.

Karen M. von Deneen, seorang ahli syaraf, mengatakan bahwa situasi ini disebabkan karena orangtua dan anak-anak di Cina banyak mendapat tekanan di lingkungan kerja dan sekolah.

"Orang Tiongkok tidak punya waktu untuk diri sendiri. Mereka bekerja 12 jam sehari, enam hari seminggu. Internet bisa jadi adalah satu-satunya tempat pelarian," jelas von Deneen.

Informasi/Berita tentang Otak Menyusut Karena Game Online? ini dipublikasikan pada hari Jumat, 24 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap