Pohon Maple

28.6.11
Maple atau Acer adalah genus dari pohon atau semak yang biasa dikenal sebagai maple.

Jenis Pohon Maple diklasifikasikan berbeda dalam keluarga mereka sendiri, Aceraceae, atau bersama-sama dengan Hippocastanaceae termasuk dalam keluarga Sapindaceae. Klasifikasi modern, termasuk sistem Kelompok Filogeni Angiosperma, memasukkannya dalam Sapindaceae. Tipe spesies genus tersebut adalah Acer pseudoplatanus (Maple Sycamore).

Ada sekitar 129 spesies, yang sebagian besarnya berasal dari Asia, dengan beberapa kemunculan di Eropa, Afrika bagian utara, dan Amerika Utara. Hanya satu spesies yang berasal dari belahan bumi selatan yaitu Acer laurinum yang masih belum dapat dipelajari dengan baik. 54 spesies pohon maple memenuhi kriteria International Union for Conservation of Nature sebagai yang terancam punah pada habitat asli mereka.

Kata Acer berasal dari kata Latin yang berarti "tajam", mengacu pada titik-titik karakteristik pada daun maple. Ini pertama kali diterapkan pada genus tersebut oleh ahli botani Perancis Joseph Pitton de Tournefort pada tahun 1700. Sebuah daun maple berwarna kemerah-merahan adalah fitur yang menonjol pada bendera Kanada.

Kebanyakan pohon maple tumbuh dengan tinggi 10-45 meter. Lainnya merupakan semak yang kurang dari 10 meter dengan sejumlah batang kecil yang berada pada permukaan tanah. Kebenyakan spesiesnya bersifat gugur, tapi beberapa di selatan Asia dan wilayah Mediterania selamanya hijau. Kebanyakan tahan naungan ketika muda, dan sering terlambat suksesi dalam ekologi, banyak dari sistem akar biasanya padat dan berserat. Beberapa spesies, terutama Acer cappodocicum, sering menghasilkan kecambah akar, yang dapat berkembang menjadi koloni klonal.

Pohon maple dibedakan dari susunan daunnya yang berlawanan. Daun pada sebagian besar spesies itu adalah palmate yang berkurai dan berlobus, sekitar 3 hingga 9 kurai yang masing-masing mengarah ke lobus, salah satu di antaranya merupakan pusat atau apikal.

Bunganya teratur, terdiri dalam 5 bagian, dan ditopang di raceme, corymb, atau umbel. Bunganya memiliki empat atau lima kelopak sekitar 1-6 mm (tidak ada di beberapa spesies), 4-10 benang sari sekitar 6-10 mm, dan dua putik atau sebuah putik dengan dua gaya. Ovariumnya unggul dan memiliki dua karpel, yang sayapnya memanjangkan bunga tersebut, yang memudahkan untuk dibedakan mana yang jantan dan betina. Pohon maple berbunga di akhir musim dingin atau awal musim semi, pada kebanyakan spesies seiring atau setelah munculnya daun, tapi pada spesies lainnya sebelum pohon mengeluarkan daun.

Bunga maple berwarna hijau, kuning, oranye atau merah. Meskipun secara individual kecil, efek seluruh pohon dalam bunga bisa mencolok pada beberapa spesies. Beberapa pohon maple merupakan sumber serbuk sari dan nektar untuk lebah pada awal musim semi.

Buah pohon maple yang khas disebut samaras atau "maple keys". Jenis biji-bijian ini, atau 'whirlybirds', dihasilkan pada pasang-pasangan berbeda yang masing-masing berisi satu biji tertutup dalam sebuah "kacang kecil" yang melekat pada jaringan tipis sayap datar berserat. Buah maple tersebut dibuat untuk berputar saat jatuh dan membawa benih tersebut pada jarak yang cukup dengan bantuan angin. Anak-anak sering menyebutnya "helikopter" karena cara mereka berputar saat jatuh. Pematangan benih biasanya dalam beberapa minggu hingga enam bulan setelah berbunga. Namun, satu pohon dapat melepaskan ratusan ribu benih sekali lepas. Tergantung pada spesies, benih tersebut bisa berukuran kecil dan berwarna hijau hingga oranye, bisa juga berukuran besar dengan polong yang lebih tebal.

Pohon maple bisa ditanam sebagai pohon hias di rumah juga di tempat umum lainnya. Acer platanoides (maple Norwegia) sangat populer karena cepat tumbuh dan sangat tahan dingin, meski merupakan spesies invasif di beberapa daerah. Maple lainnya, terutama yang lebih kecil, atau spesies unik, lebih populer sebagai pohon spesimen.

Pohon maple juga merupakan pilihan populer untuk seni bonsai. Acer palmatum (maple Jepang), Acer buergerianum (maple Trident), Acer ginnala (maple Amur), Acer Campestre (maple Field) dan Montpellier maple (A. monspessulanum) adalah pilihan populer dan merespon baik terhadap teknik yang mendorong pengurangan daun dan percabangan, tapi sebagian besar spesiesnya dapat digunakan.

Maple juga dapat dibuat sirup. Pohon Maple Gula (Acer saccharum) diambil getahnya, kemudian direbus untuk menghasilkan sirup maple atau dibuat menjadi gula maple atau permen. Dibutuhkan sekitar 40 liter getah maple Gula untuk membuat satu liter sirup. Sirup juga dapat dibuat dari spesies yang sangat erat terkait, tapi hasilnya lebih rendah.

Informasi/Berita tentang Pohon Maple ini dipublikasikan pada hari Selasa, 28 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap