Sextus Aurelius Propertius

8.6.11
Sextus Aurelius Propertius adalah seorang penyair elegi Latin pada zaman Augustan. Ia lahir sekitar tahun 50-45 SM di Assisium dan tak lama kemudian meninggal pada tahun 15 SM.

Karya Propertius yang ada terdiri dari empat buku Elegi. Dia bersahabat dengan penyair Gallus dan Virgil, dan dengan mereka ia memiliki hubungan dengan Maecanas, dan melalui Maecanas ia memiliki hubungan dengan kaisar Agustus.

Sangat sedikit informasi yang diketahui tentang Propertius di luar tulisannya sendiri. Nama depannya "Sextus" disebutkan oleh Aelius Donatus, beberapa manuskrip menyebutnya sebagai "Sextus Propertius", tapi sisa namanya tidak diketahui. Dari banyak referensi dalam buku puisinya, jelas ia lahir dan dibesarkan di Umbria, di kota Assisi. Pada masa kanak-kanak ayahnya meninggal dan keluarganya kehilangan tanah karena penyitaan.

Setelah kematian ayahnya, ibu Propertius mengarahkannya ke karir publik, yang mengindikasikan bahwa keluarganya masih memiliki beberapa kekayaan, di lain pihak mitologi dalam puisinya menunjukkan bahwa ia menerima pendidikan yang baik. Dia pindah di antara anak-anak orang kaya dan memiliki hubungan politik pada awal dekade 20an. Pada waktu inilah dia bertemu Cynthia, wanita tua yang menginspirasikannya untuk mengekspresikan kejeniusan puisinya.

Informasi/Berita tentang Sextus Aurelius Propertius ini dipublikasikan pada hari Rabu, 08 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap