Sulit Hamil Karena Diet

11.6.11
Wanita yang terobsesi untuk memiliki tubuh ramping hendaknya berhati-hati dalam memilih pola diet yang ingin diterapkan karena bisa jadi anda nanti sulit hamil karena diet.

Pola diet yang salah dapat mengakibatkan ketidakseimbangan tingkat hormon. Akibatnya wanita bisa mengalami masalah kesuburan atau sulit hamil.

Joan Sumpio, RND, FPAN, Ahli gizi dari Kraft Foods Phillippines  menginformasikan bahwa asupan gizi yang tidak seimbang dapat mengakibatkan gangguan hormon. Apabila hormon terkena masalah, maka segala aktifitas tubuh termasuk organ reproduksi bisa ikut bermasalah.

"Anggap saja wanita tersebut mengalami gangguan menstruasi. Kalau siklus menstruasi tak menentu maka masa subur wanita tersebut juga tidak teratur. Jika masa subur tak teratur atau malah mengalami gangguan," tutur Joan.

Joan melanjutkan bahwa proses ovulasi membutuhkan nutrisi yang seimbang. Walaupun komposisi nutrisi yang dibutuhkan pada proses ovulasi belum diketahui secara tepat, keberadaan nutrisi jelas memainkan peran vital.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Obstetrics & Gynecology menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi zat besi dan tingkat kesuburan pada wanita. Ternyata, para wanita yang mengkonsumsi zat besi dalam jumlah yang lebih tinggi memiliki tingkat resiko infertilitas yang lebih rendah.

Mengkonsumsi suplemen zat besi hingga 41 mg/hari (batas maksimum yang aman untuk dikonsumsi adalah 45 mg/hari) dapat menurunkan tingkat resiko infertilitas hingga 62 persen. Perlu diketahui bahwa masalah infertilitas yang diamati pada penelitian ini adalah masalah infertilitas yang berhubungan dengan proses ovulasi (proses pelepasan sel telur dari indung telur).

"Kalori juga dibutuhkan oleh wanita yang ingin hamil dan sedang hamil. Sayangnya banyak wanita menjauhi kalori karena takut gemuk," ujar Joan.

Oleh sebab itu Joan menyarankan agar para wanita yang ingin diet agar supaya mempertimbangkan pilihan dietnya. Jangan sampai karena salah makan lalu sulit hamil.

"Kalau perlu konsultasikan ke ahli gizi. Untuk apa tubuh langsing tapi punya gangguan hormon dan sulit punya anak," imbuh Joan.

Informasi/Berita tentang Sulit Hamil Karena Diet ini dipublikasikan pada hari Sabtu, 11 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap