Sungai Nenana

1.6.11
Sungai Nenana adalah anak Sungai Tanana, panjangnya sekitar 241 km, di Alaska bagian tengah di Amerika Serikat. Sungai ini mengaliri lereng utara Alaska Range di ujung selatan Lembah Tanana di barat daya Fairbanks.

Sungai itu dihasilkan dari Gletser Nenana di Alaska Range utara, barat daya Gunung Deborah, sekitar 160 km selatan Fairbanks. Sungai tersebut mengalir sedikit ke barat, lalu ke utara, membentuk batas timur Taman Nasional Denali.

Sungai Nenana dieksplorasi pada tahun 1885 oleh Letnan Henry Allen dari Angkatan Darat Amerika Serikat. Allen menamakannya Sungai Cantwell yang diambil dari nama Letnan John C. Cantwell, yang telah mengeksplorasi Sungai Kobuk tahun 1884 dan 1885. Pada tahun 1898, W. J. Peters dan A. H. Brooks dari USGS, melaporkan bahwa sungai itu disebut Tutut oleh penduduk asli. Nama Indian Tanana kemudian dieja Nenana dalam peta.

Sungai tersebut merupakan salah satu tujuan paling populer untuk arung jeram di Alaska.

Sunga Nenana merupakan rumah dari beberapa jenis ikan seperti ikan hitam Alaska, ikan putih lebar, burbot, beberapa jenis salmon, dan lain-lain.

Situs-situs arkeologi yang terletak di lembah tersebut yaitu Broken Mammoth dan Swan Point dari akhir era Pleistosen.

Informasi/Berita tentang Sungai Nenana ini dipublikasikan pada hari Rabu, 01 Juni 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap