5 Lensa Cepat Untuk Fotografi Dalam Gedung

11.7.11
Fotografer dalam gedung atau ruangan harus memiliki lima lensa dalam tas perlengkapannya. Tak jadi soal jika anda memotret dengan Canon atau Nikon, atau dengan kamera full frame atau crop, lima lensa ini adalah keharusan untuk menangkap emosi serta aksi dalam kondisi rendah cahaya.

Jika anda masih menggunakan paket lensa zoom dengan kecepatan bervariasi, mohon untuk mempertimbangkan membeli setidaknya satu lensa cepat. Baik Canon maupun Nikon menawarkan lensa cepat mereka. Dalam tulisan ini akan dibahas lima lensa berbeda, tiga lensa prime dan dua lensa zoom.

Tulisan ini tidak bermaksud untuk memperdebatkan pentingnya lensa prime vs lensa zoom, atau untuk memeriksa kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Artikel ini ditujukan untuk melihat bagaiaman seorang fotografer profesional memilih dan menggunakan lensa terbaik untuk situasi tertentu. Fotografi acara, khususnya fotografi pernikahan, memadukan faktor teknis serta kesempatan foto kreatif. Tak jadi soal jika anda memotret secara tradisional atau jurnalistik, anda akan menggunakan teknik dan komposisi keduanya.

Untuk setiap sesi foto dalam gedung, hal pertama yang dipertimbangkan seorang fotografer ialah kecepatan lensa. Semua yang di bawah f/2.8 terlalu lambat untuk pekerjaan profesional. Bahkan dengan adanya sensor ISO tinggi bebas noise, seorang profesional harus tahu bahwa mereka mendapatkan gambarnya. Anda tidak ingin dipusingkan dengan motion blur atau kamera goyang ketika momen foto yang sangat baik sedang berjalan.

Lensa Prime

Lensa prime menawarkan akurasi warna dan jangkauan fokus atau depth of field yang intens. Tak hanya itu, mereka memiliki satu keuntungan dalam fotografi potret yang tak dimiliki oleh lensa zoom. Lensa ini menawarkan keseragaman dalam gaya. Karena hal tersebut lensa ini kurang fleksibel dalam komposisi yang ditawarkan oleh lensa zoom. Anda mungkin ingin menggunakan lensa prime yang sama untuk semua atau sebagian besar foto potret tradisional anda. Dengan begitu, akan ada keseragaman gaya, tona dan perasaan yang terjaga dalam foto-foto tersebut. Hanya dengan membatasi diri anda pada rentang atau panjang fokus tertentu anda akan memberikan kesan bahwa foto-foto anda saling berhubungan satu sama lain.

Baik Canon maupun Nikon menawarkan lensa prime dalam kategori semi profesional dan profesional. Jangan hal ini membuat anda bingung jika anda memiliki cukup dana. Kedua kategori tersebut menawarkan fitur teknis dan optik yang luar biasa. Canon menawarkan lensa prime-nya dalam kategori barisan standar dan barisan L-series untuk profesional, sedangkan Nikon menawarkan lensa prime-nya dalam barisan standar D-series dan barisan G-series untuk profesional. Harganya mulai dari barisan standar berkisar antara 3 hingga 5 juta, dan lensa profesional L-series dan G-series berkisar antara 12 hingga 20 juta.


Lensa Prime Sudut Lebar

Lensa 24mm f/2.8 tersedia untuk semi profesional, sedangkan versi profesional lensa ini menawarkan apertura maksimum f/1.4. Kedua lensa ini sangat baik untuk pengambilan foto grup tradisional dan pengambilan foto interior formal. Dengan menggunakan lensa sudut lebar seperti ini untuk foto aksi selama acara utama atau resepsi pernikahan akan menghasilkan foto yang akan memberikan perasaan bahwa gambar-gambar tersebut terbenam dalam keseluruhan foto. Gaya ini sangat baik untuk karya dokumenter atau fotografi jurnalistik.

Lensa Prime Standar

Lensa prime 50mm secara tradisional banyak sekali digunakan oleh fotografer profesional. Lensa tersebut memiliki apertura f/1.4 dan sangat cocok untuk foto potret dan karya dokumenter. Lensa ini memberikan saturasi warna dan bokeh yang intens di luar jangkauan fokusnya yang sempit. Seri profesional menawarkan apertura maksimum f/1.2. Gunakan lensa ini untuk foto potret dekat dan untuk mengambil detil dalam fotografi interior. Dalam kondisi rendah cahaya, lensa ini sangat unggul dalam hal menghentikan aksi, tapi berhati-hatilah karena jangkauan fokus yang sempit dapat menimbulkan masalah fokus pada subyek yang kian berganti dengan cepat ketika bergerak keluar dari jangkauan fokusnya yang sempit.

Lensa Prime Telefoto

Bagi kebanyakan fotografer, sebuah lensa 85mm f/1.8 merupakan lensa potret ideal. Lensa itu menawarkan jangkauan fokus yang sangat baik sekaligus meminimalkan efek distorsi lensa prime yang lebih pendek. Lensa ini juga tersedia untuk versi profesional dengan apertura maksimum f/1.2. Rentang fokus 85mm agak terbatas untuk penggunaan umum tapi akan menghasilkan foto potret tradisional yang menawan. Ini merupakan lensa yang akan anda gunakan hampir setiap saat ketika anda mengeluarkan perlengkapan pencahayaan anda dan meminta subyek anda berpose untuk foto formal. Apertura yang besar juga memberikan anda kemampuan untuk mengambil keuntungan cahaya yang ada untuk foto potret alami.

Lensa Zoom

Lensa zoom menawarkan satu hal yang tidak dapat dilakukan oleh lensa prime. Lensa ini menawarkan kemampuan untuk mengkomposisikan foto anda sementara anda berdiri di tempat yang sama. Untuk fotografi acara, ini merupakan keuntungan tambahan. Anda tidak selalu bisa mendekat pada suatu aksi untuk mengambil foto yang anda mau. Lensa zoom juga memberikan keuntungan besar jika anda mencoba mengambil foto candid. Lensa ini memungkinkan anda untuk diam-diam berada di samping subyek yang tidak memperhatikan anda. Ini akan menghasilkan gambar yang lebih alami dan menghilangkan efek mengamati dari subyek anda.

Ada banyak jenis lensa zoom yang ditawarkan oleh Canon maupun Nikon. Namun hanya dua lensa yang perlu anda perhatikan. Lensa zoom sudut lebar dan telefoto. Lensa 24-70mm f/2.8 dan 70-200mm f/2.8 merupakan standar untuk jenis fotografi ini. Keduanya berada dalam kelas profesional walaupun ada lensa aftermarket yang lebih murah yang menawarkan fitur optik dan teknis yang hampir sama.


Lensa Zoom Sudut Lebar

Lensa zoom sudut lebar menawarkan rentang 24-70mm dan apertura maksimum f/2.8. Lensa ini sangat baik untuk pekerjaan mengambil foto dalam gedung dan fotografi detil. Panjangkan rentang fokusnya ketika anda ingin mendekat ke subyek seperti dalam ruangan rias atau area bar kecil. Lensa ini juga sangat baik digunakan untuk jalan-jalan yang memungkinkan anda untuk agak dekat mengambil foto candid namun cukup lebar untuk foto ruangan serta jamuan makan. Jangkauan zoom lensa ini berada dalam jarak flash sebagian besar kamera yang membuat lensa ini bisa digunakan untuk pemotretan dengan flash langsung.

Lensa Zoom Telefoto

Lensa zoom telefoto menawarkan rentang 70-200mm dan apertura maksimum f/2.8. Lensa 700-200mm ditawarkan dengan fitur image stabilization (IS) pada Canon atau vibration reduction (VR) pada Nikon. Lensa ini juga tersedia tanpa teknologi anti goyang. Lensa yang dilengkapi VR atau IS merupakan pilihan terbaik untuk situasi rendah cahaya yang menyediakan kompensasi untuk getaran atau goyangan kamera pada kecepatan rana atau shutter speed rendah. Anda memerlukan lensa ini ketika anda perlu keluar dari aksi dan mendekat untuk menangkap emosi dan ekspresi nyata. Jika gaya anda ditujukan untuk kelihatan seperti foto jurnalistik dan menangkap momen tertentu, mungkin ini merupakan lensa yang anda butuhkan di segala kesempatan.

Informasi/Berita tentang 5 Lensa Cepat Untuk Fotografi Dalam Gedung ini dipublikasikan pada hari Senin, 11 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap