Buah Pepaya Cegah Kanker?

5.7.11
Beberapa buah disebut buah-buahan super karena diketahui banyak sekali memberikan manfaat. Saat ini satu buah lagi yang masuk dalam daftar buah-buahan super yaitu buah pepaya yang diketahui bermanfaat untuk mencegah kanker.

Buah pepaya merupakan salah satu dari sekian buah yang mengandung lycophene. Zat tersebut diketahui sangat baik dalam hal mencegah serta mengatasi penyebaran sel kanker.

Penelitian yang dilansir oleh Menshealth baru-baru ini menjelaskan bahwa lycophene berfungsi untuk menstimulasi pertahanan sel dalam tubuh untuk melawan kanker. Hal tersebut dapat mencegah kerusakan DNA serta menghambat penyebaran sel kanker.

Para peneliti dari dari universitas Florida menemukan bahwa buah pepaya memiliki fungsi efektif sebagai agen anti kanker untuk melawan jenis kanker seperti kanker rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas. Hasil penelitian itu bisa anda temukan dalam jurnal Ethnopharmacology.

Hal tersebut dapat diketahui setelah para peneliti mengadakan pengujian menggunakan teh yang dibuat dari ekstrak daun pepaya kering. Buah itu dikenal bisa meningkatkan zat kimia yang mengatur sistem kekebalan tubuh.

Dr. Nam Dang dari Universitas Florida mengatakan bahwa ekstrak pepaya yang diuji di laboratorium ini tidak memiliki efek samping beracun terhadap sel yang normal. Oleh sebab itu kemungkinannya besar bahwa ekstrak tersebut bisa digunakan sebagai obat alternatif. Penelitian lanjutan masih dibutuhkan untuk menentukan efek yang dihasilkannya apabila ekstrak tersebut masuk kedalam tubuh.

Selain memiliki kandungan lycophene, ternyata buah pepaya juga memiliki kandungan lain berupa sumber vitamin C, potasium dan asam folat yang membuatnya menjadi buah yang sangat menyehatkan untuk dikonsumsi.

Buah-buahan serta sayuran lainnya yang mengandung lycophene yang cukup tinggi adalah tomat, semangka, anggur.

Jika anda kurang memakan buah-buahan mungkin ini adalah saatnya untuk memasukkannya ke dalam menu makanan anda setiap hari, karena selain harganya cukup terjangkau, manfaat untuk kesehatan tubuh sangat besar.

Informasi/Berita tentang Buah Pepaya Cegah Kanker? ini dipublikasikan pada hari Selasa, 05 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap