Cara Menggunakan Auto Exposure Lock Pada Kamera DSLR

6.7.11
Fitur auto exposure lock (AE-L) pada kamera DSLR memungkinkan anda untuk secara fisik mengunci pembacaan eksposur dari titik tertentu pada pemandangan yang anda inginkan. Anda dapat menggunakannya secara terpisah atau pada titik di mana anda memfokuskan gambarnya.

Semua kamera digital SLR memiliki tombol auto exposure. Ketika anda menekan tombol AE-L, setelan eksposur saat itu dikunci agar tidak berubah begitu anda mengkomposisikan ulang pengambilan gambar walaupun tingkat pencahayaan berubah ketika anda mengarahkan kamera ke tempat lain.

Ketika tombol shutter ditekan setengah, mekanisme auto fokus berlangsung. Bersamaan dengan itu, kamera membuat pengukuran cahaya dan menyetel eksposur. Akan tetapi bagaimana jika anda ingin memfokuskan serta melakukan pengukuran cahaya dari beberapa bagian berbeda dalam pemandangan?

Dalam kondisi inilah fitur auto exposure lock memberikan manfaatnya. Fitur tersebut akan memperkenankan anda mengambil pembacaan eksposur sendiri pada bagian yang ingin anda fokuskan.

Fitur AE-L sangat baik digunakan dengan metering spot atau parsial untuk mengunci pembacaan atau pengukuran cahaya dari wilayah atau titik tertentu pada pemandangan. Hal ini sangat berguna pada kondisi pencahayaan yang dapat mengakali sistem pengukuran cahaya kamera.

Sebagai contoh, jika anda mengambil gambar pemandangan yang memiliki sumber cahaya terang pada bagian gambar, pengukuran cahaya kamera dapat dengan mudah membuat gambar tersebut underexposure. Untuk mendapatkan eksposur yang benar, anda perlu melakukan pembacaan dari bagian yang terang tersebut.

Hal ini dapat dilakukan secara mudah dengan mengambil pengukuran cahaya spot atau parsial dari bagian pemandangan yang memiliki tingkat cahaya sedang dan kemudian menguncinya dengan menekan tombol AE-L, dan tetap menekan tombol tersebut sampai anda selesai mengkomposisikan ulang dan mengambil gambarnya. Pada beberapa kamera anda tidak perlu tetap menekan tombol AE-L untuk melakukan hal itu.

Tombol AE-L dapat digunakan jika subyek diposisikan bukan pada bagian tengah pemandangan. Tombol tersebut juga berguna ketika anda sedang mengambil serangkaian gambar yang ingin anda sambung menjadi foto panorama. Fitur AE-L memastikan bahwa setiap foto yang diambil pada rangkaian tersebut secara tepat memiliki setelan eksposur yang sama.

Informasi/Berita tentang Cara Menggunakan Auto Exposure Lock Pada Kamera DSLR ini dipublikasikan pada hari Rabu, 06 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap