Hasil Balapan MotoGP Mugello 2011

4.7.11
Jorge Lorenzo mempertontonkan salah satu balapan terbaiknya selama seri MotoGP 2011 untuk merebut kemenangan keduanya pada hari Minggu (3/7/11) di Mugello.

Pembalap Repsol Honda Casey Stoner lebih dulu memacu tunggangannya dengan sangat cepat bahkan sempat memecahkan rekor sirkuit Mugello yang sebelumnya dipegang oleh Dani Pedrosa. Namun Lorenzo dengan mental saingnya yang tinggi terus membuntuti Stoner. Dengan hanya enam lap tersisa juara bertahan memimpin lagi untuk menang dengan jarak 0,997 detik saja. Sementara itu rekan satu tim Honda Stoner, Andrea Doviziozo, juga terjebak dengan rekan timnya di putaran lap terakhir untuk mengamankan posisi kedua. Stoner akhirnya finis di urutan ketiga meskipun sempat memimpin balapan pada 17 lap dari total keseluruhan 23 lap.

Casey Stoner awalnya memulai balapan dengan sangat baik saat ia memimpin dari pole. Sepanjang putaran pertama urutannya adalah Stoner, Lorenzo, Doviziozo, Spies dan Marco Simoncelli. Nicy Hayden dari tim Ducati memiliki awal yang baik pada baris ke tiga dan sempat berada di urutan keenam ketika rekan satu timnya Valentino Rossi berjuang dari garis belakang di urutan ke-12. Pada 10 putaran pertama Simoncelli mempertahankan keunggulannya dari Ben Spies, tapi mulai pada putaran 14 duo tersebut mulai bertarung untuk posisi ke-4. Keduanya sempat bertukar posisi beberapa kali dengan cara melakukan pengereman lambat untuk bisa mendahului.

Alvaro Bautista dari tim Rizla Suzuki mengawali balapan dengan baik dan naik ke urutan ke-9 pada akhir lap pertama. Ia kemudian terlibat pertarungan 5 pembalap untuk posisi keenam bersama Valentino Rossi, Hector Barbera, Colin Edwards dan Dani Pedrosa. Bautista bertahan pada urutan ke-6 lebih dari enam lap, tapi dia terpeleset dan tidak sengaja memasukkan netral dan keluar dari trek.

Sementara itu, Barbera dan Rossi terus bertarung untuk posisi ke-6, dan akhirnya Rossi bisa melepaskan diri dengan sisa 11 lap di depan Barbera, Pedrosa, Edwards dan Hayden. Masalah Stoner di depan dimulai pada lap ke-15 ketika Lorenzo mulai mempertipis ketinggalan 2 detiknya. Pada lap ke-17 Lorenzo berhasil mengambil pimpinan balapan dari Stoner. Spies saling bertukar posis dengan Simoncelli yang sempat memimpin dengan enam lap tersisa.

Lorenzo akhirnya meraih kemenangan. Pertarungan memperebutkan tempat kedua masih berlangsung hingga Doviziozo akhirnya melewati rekan satu timnya. Bersaing di sirkuitnya sendiri, Doviziozo tak pernah turun di bawah urutan ketiga sepanjang balapan dan ketika kesempatan datang untuk mendahului Stoner pada lap terakhir, pembalap asal Italia tersebut melakukannya dengan mudah.

Pada saat yang sama, pertarungan lap terakhir terjadi antara Spies dan Simoncelli, ketika Spies melesat melewati pembalap Honda tersebut untuk mengambil posisi keempat, dan mengalahkan pembalap asal Italia itu di kandangnya sendiri. Setelah pertarungan 5 pembalap, Rossi tetap menduduki urutan ke-6. Barbera, Pedrosa dan Edwards, masing-masing meraih posisi dari 7 hingga ke-9. Hayden akhirnya finis di urutan ke-10 dan Cal Crutchlow dari tim Monster Yamaha Tech 3 tak dapat menyelesaikan balapan karena masalah ban.

Hasil Balapan MotoGP Mugello:

1. Jorge Lorenzo (Yamaha)
2. Andrea Dovizioso (Honda)
3. Casey Stoner (Honda)
4. Ben Spies (Yamaha)
5. Marco Simoncelli (Honda)
6. Valentino Rosso (Ducati)
7. Hector Barbera (Ducati)
8. Dani Pedrosa (Honda)
9. Colin Edwards (Yamaha)
10. Nicky Hayden (Ducati)
11. Hiroshi Aoyama (Honda)
12. Karel Abraham (Ducati)
13. Alvaro Bautista (Suzuki)
14. Randy de Puniet (Ducati)
15. Toni Elias (Honda)
- Cal Crutchlow (Yamaha)

Poin Klasemen Sementara MotoGP 2011:

1. Casey Stoner, 152
2. Jorge Lorenzo, 133
3. Andrea Dovizioso, 119
4. Valentino Rossi, 91
5. Nicky Hayden, 77
6. Ben Spies, 74
7. Dani Pedrosa, 69
8. Hiroshi Aoyama, 56
9. Colin Edwards, 53
10. Marco Simoncelli, 50

Informasi/Berita tentang Hasil Balapan MotoGP Mugello 2011 ini dipublikasikan pada hari Senin, 04 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap