Hasil Balapan MotoGP Sachsenring 2011

18.7.11
Ini merupakan tahun ke-14 balapan MotoGP dilangsungkan di sirkuit Sachsenring Jerman yang merupakan trek terpendek kedua (3,671 km) setelah Laguna Seca.

Sachsenring menantang 17 pembalap pada hari Minggu (17/7/11) dalam balapan MotoGP ke-9 dari 18 putaran. Trek yang berlawanan dengan putaran jarum jam tersebut memiliki fitur teknis dari tikungan pertama hingga ketujuh, kemudian bagian cepat mulai dari tikungan kedelapan hingga ke-13.

Ada banyak pergantian pimpinan lomba sepanjang balapan 30 lap tersebut, tapi ketika Dani Pedrosa mengambil alih pimpinan lomba pada lap 21, pembalap asal Spanyol tersebut berhasil mempertahankan posisi terdepannya itu hingga menyentuh garis finis.

Kemenangan MotoGP Sachsenring merupakan kemenangan kedua bagi pembalap Repsol Honda tersebut. Hal itu juga telah tercatat sebagai kemenangan kelima Pedrosa di sirkuit Jerman itu. Jorge Lorenzo yang sebelumnya menargetkan kemenangan di sirkuit ini finis di urutan kedua ketika berhasil mendahului pembalap Repsol Honda lainnya Casey Stoner yang memulai balapan dari pole position.

Dani Pedrosa mengatakan kepada Motorcycle News, Minggu (17/7/11): "Ini merupakan perasaan luar biasa. Kembali begitu cepat dan menang begitu cepat adalah luar biasa dan saya sangat senang. Bahkan memulai balapan di barisan depan saja saya sudah bersyukur, tapi saya tidak menduga ini.

"Saya tidak merasa sempurna menunggangi motor saya tapi ketika balapan mulai saya merasa lebih baik dan memiliki ritme yang lebih baik. Saya tahu bahwa saya tidak akan terlalu kesakitan di sini ketimbang Mugello karena di sini banyak tikungan kiri tapi saya masih saja banyak menderita secara fisik pada akhirnya. Saya benar-benar puas dengan kemenangan ini dan saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah bersama dengan saya selama waktu yang sulit ini."

Ketika balapan MotoGP dimulai, Pedrosa mengambil kesempatan pimpinan, diikuti oleh Lorenzo, Stoner, Marco Simoncelli, Andrea Dovizioso dan Ben Spies.

Akan tetapi pada akhir lap satu, Lorenzo memimpin, dengan beberapa pertempuran untuk posisi kedua antara tiga pembalap Honda: Stoner, Pedrosa dan Dovizioso. Stoner memimpin, tapi tak lama kemudian Lorenzo mengambil alih dengan cepat.

Pada pertengahan balapan, Lorenzo, Pedrosa dan Stoner jauh meninggalkan pembalap lainnya. Akhirnya pada lap 21 Pedrosa memimpin balapan hingga garis finis. Dia berada 1,477 detik di depan Lorenzo, dan Stoner tertinggal 1,568 detik.

10 detik di belakang kelompok peraih podium terjadi pertempuran tempat ke-4 MotoGP yang cukup seru antara Spies, Simoncelli dan Dovizioso. Pembalap asal Italia Dovizioso finis 0,2 detik di depan Spies, dan 0,4 detik lebih cepat dari Simoncelli.

Akhirnya Alvaro Bautista dari tim Rizla Suzuki, Nicky Hayden dan rekan tim Ducatinya Valentino Rossi, serta Colin Edwards dari Monster Tech 3 Yamaha, menutup posisi 10 besar.

Walaupun finis di urutan ke-3, Stoner tetap memimpin klasemen sementara MotoGP 15 poin dari Lorenzo. Dovizioso berada di urutan ketiga dengan 132 poin dan Valentino Rossi di urutan ke-4 dengan 98 poin.

Balapan MotoGP selanjutnya akan dilangsungkan di sirkuit terpendek Laguna Seca untuk putaran ke-10 musim ini.

Hasil Balapan MotoGP Sachsenring Jerman 2011:
1. Dani Pedrosa (Honda)
2. Jorge Lorenzo (Yamaha)
3. Casey Stoner (Honda)
4. Andrea Dovizioso (Honda)
5. Ben Spies (Yamaha)
6. Marco Simoncelli (Honda)
7. Alvaro Bautista (Suzuki)
8. Nicky Hayden (Ducati)
9. Valentino Rossi (Ducati)
10. Colin Edwards (Yamaha)
11. Hector Barbera (Ducati)
12. Karel Abraham (Ducati)
13. Randy de Puniet (Ducati)
14. Cal Crutchlow (Yamaha)
15. Hiroshi Aoyama (Honda)
16. Toni Elias (Honda)
17. Sylvain Guintoli (Ducati)

Poin Klasemen Sementara MotoGP 2011:
1. Casey Stoner, 168
2. Jorge Lorenzo, 153
3. Andrea Dovizioso, 132
4. Valentino Rossi, 98
5. Dani Pedrosa, 94
6. Ben Spies, 85
7. Nicky Hayden, 85
8. Marco Simoncelli, 60
9. Colin Edwards, 59
10. Hiroshi Aoyama, 57

Informasi/Berita tentang Hasil Balapan MotoGP Sachsenring 2011 ini dipublikasikan pada hari Senin, 18 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap