Hotmail Perketat Pemilihan Password

16.7.11
Microsoft selaku penyedia layanan surel Hotmail, menganjurkan para penggunanya mengganti password yang mudah ditebak misalnya '123456' dan 'ilovecats' untuk mencegah pembajakan email oleh hacker.

"Fitur baru ini akan segera diluncurkan dan akan mencegah anda memilih password yang sangat umum digunakan ketika anda membuat akun atau mengganti password," kata Manajer Program Hotmail Dick Craddock kepada Telegraph, Sabtu (16/7/11).

"Jika anda sudah menggunakan password seperti itu, di masa mendatang anda mungkin akan diminta menggantinya dengan password yang lebih kuat," lanjutnya.

Biasanya ciri password yang kuat jumlah karakternya cukup panjang dan terdiri atas huruf besar dan kecil serta nomor maupun karakter lain. Para ahli keamanan komputer juga menyarankan agar pengguna internet tidak memilih kata-kata dari kamus ataupun informasi personal seperti hari ulang tahun.

Beberapa studi menunjukkan bahwa pengguna kerap memilih password yang cukup rentan untuk diretas. Ketika hacker menjebol sistem keamanan situs berita hiburan Gawker, tiga password yang paling banyak digunakan adalah '123456', 'password' dan '12345678'.

Selain menganjurkan pemilihan password yang lebih kuat, Microsoft juga menyediakan fitur lain yang memungkinkan pengguna melaporkan akun teman mereka yang dicurigai telah dibajak hacker. Pengguna kini bisa menandai email yang masuk dengan "My friend’s been hacked!" ("Akun teman saya telah dibajak!") agar bisa diketahui oleh pihak Hotmail.

Informasi/Berita tentang Hotmail Perketat Pemilihan Password ini dipublikasikan pada hari Sabtu, 16 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap