Kemampuan Sosial Membuat Anda Cakap

29.7.11
Orang yang memiliki kemampuan untuk membuat hubungan sosial cenderung mengembangkan keterampilan spasial, menurut penelitian baru.

Studi ini menemukan bahwa semakin sosial seseorang, semakin gampang baginya untuk mengasumsikan perspektif orang lain di dunia.

"Hasilnya mengejutkan: ada perbedaan besar dalam kemampuan ini di antara orang-orang dengan keterampilan sosial yang lebih baik dan mereka yang kurang dalam hal ini," kata pemimpin studi Amy Shelton, seorang profesor di Department of Psychological and Brain Sciences di Zanvyl Krieger School of Arts and Sciences.

Dalam studi tersebut, 48 pria dan wanita berusia 18 hingga 22 tahun melihat model bangunan yang dibentuk dari Lego. Serangkaian tujuh figur (pertama kali 13 boneka tanpa wajah, kedua kali mainan kamera dan ketiga kali segitiga plastik berwarna) dususun di sekitar model bangunan.

Peserta kemudian melihat gambar pada komputer laptop, yang masing-masingnya berhubungan dengan yang akan menjadi perspektif visual dari salah satu figur (boneka, kamera, segitiga) dan diminta figur mana yang dapat "melihat" pandangan bangunan yang ditampilkan pada layar komputer.

Temuan pentingnya ialah ada korelasi kuat antara kecerdasan sosial secara keseluruhan dan akurasi subyek penelitian dalam mengambil perspektif figur hanya bila figur itu adalah boneka, dan tidak ketika figur berupa mainan kamera atau segitiga.

Menurut Shelton, hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan seseorang untuk mengambil perspektif spasial orang lain mungkin berhubungan dengan hal-hal seperti empati, atau bahkan toleransi terhadap sistem kepercayaan lain.

Studi ini diterbitkan baru-baru ini di Journal of Experimental Psychology.

Informasi/Berita tentang Kemampuan Sosial Membuat Anda Cakap ini dipublikasikan pada hari Jumat, 29 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap