Makanan Tinggi Serat Melindungi Usus

23.7.11
Makanan vegetarian atau makanan yang memiliki serat tinggi ternyata dapat membantu melindungi kita dari gangguan kesehatan usus.

Studi yang dipimpin oleh Dr. Francesca Crowe dari Bagian Epidemiologi Kanker di Universitas Oxford, mengikutsertakan 47.033 orang dewasa di Inggris, dan 15.459 di antaranya adalah vegetarian.

Setelah melakukan penelitian selama 11,6 tahun dan menemukan adanya 812 kasus penyakit divertikular yang menyebabkan kondisi kram, kembung, sembelit dan diare, para peneliti menemukan vegetarian dalam kelompok ini memiliki risiko 30% lebih rendah terkena penyakit tersebut, ketimbang mereka yang mengkonsumsi daging, atau ikan atau keduanya.

Para peneliti menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena konsumsi daging mengubah metabolisme bakteri di usus besar, dan karena itu melemahkan dinding usus besar dan meningkatkan resiko penyakit divertikular.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan hubungan antara makan lebih banyak serat dan resiko lebih rendah terserang penyakit.

Para pasien yang mengkonsumsi serat lebih dari 25,5 g per hari bagi wanita dan lebih dari 26,1 g bagi pria, memiliki risiko 42% lebih rendah terserang berbagai penyakit daripada mereka yang hanya mengkonsumsi kurang dari 14 gr serat setiap harinya.

Jadi tak ada salahnya untuk memasukkan makanan tinggi serat ke dalam menu harian anda untuk membantu menghindari berbagai penyakit yang dapat mengganggu usus anda.

Hasil penelitian ini diterbitkan di British Medical Journal.

Informasi/Berita tentang Makanan Tinggi Serat Melindungi Usus ini dipublikasikan pada hari Sabtu, 23 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap