Meditasi Untuk Mengurangi Stres

15.7.11
Mungkin anda pernah melihat di acara televisi atau film seseorang melakukan praktek meditasi. Biasanya ada satu orang yang menutup mata dan mengeluarkan suara "ommmm..." sedangkan yang lain mencoba untuk menirunya. Meskipun terkadang kita menganggap meditasi itu adalah sesuatu yang lucu dan konyol, sekarang kita tahu bahwa banyak manfaat yang bisa diambil dari meditasi.

Awalnya, meditasi digunakan untuk memfokuskan diri dan memperoleh pengetahuan keagamaan. Saat ini meditasi digunakan untuk mengurangi stress dan untuk hidup lebih lama, bahagia dan sehat.

Mengapa meditasi bisa sangat membantu menghilangkan stres? Pertama-tama, hal tersebut membantu memusatkan pikiran pada sesuatu yang mendalam dan berakar pada spiritualitas. Dengan memfokuskan pada satu hal, anda dipaksa untuk melupakan dunia sekitar anda dan semua hal yang menyebabkan stres. Dengan menutup mata anda dan duduk di ruangan tenag, anda juga menyaring pandangan serta suara yang bisa saja membuat anda stres. Meditasi juga membantu memperbaiki kerusakan fisik dan mental yang diakibatkan oleh stres. Bahan kimia yang ada dalam tubuh anda benar-benar berubah selama meditasi yang membuat anda lebih rileks dan damai.

Manfaat rileksasi di atas hanya untuk manfaat jangka pendek. Faktor tersebut hanya sukses menyaring stres yang sudah anda alami dan membuat anda rileks selama meditasi dan sesudahnya. Manfaat utama dari meditasi ialah pengaruh jangka panjangnya.

Jika dipraktekan setiap hari, meditasi benar-benar dapat menyeimbangkan kadar hormon dan bahan kimia lainnya yang terkait sres di kehidupan sehari-hari, bahkan ketika anda sedang tidak bermeditasi. Ini berarti bahwa meditasi tidak hanya akan membantu anda rileks di akhir hari yang penuh stres, tapi juga dapat membuat anda lebih damai dan kurang mendapat stres sepanjang hari di tempat kerja.

Tidak seperti yoga, hal paling baik dari meditasi ialah bahwa melakukannya tidak memerlukan keahlian fisik khusus. Meskipun meditasi yang baik membutuhkan keterampilan mental, anda bisa memulai dari yang kecil dan berangsur-angsur menjadi lebih besar ketika anda banyak melakukan latihan. Berikut adalah panduan untuk memulainya.
  • Cari ruangan yang tenang dan duduk di posisi yang nyaman. Tak ada posisi khusus yang paling baik, cari saja posisi di mana anda merasa nyaman dan bisa rileks.
  • Tutup mata anda dan rilekskan otot-otot anda. Lakukan ini dengan memfokuskan pada setiap otot, mulai dari kaki ke atas. Fokus pada stres yang meninggalkan setiap otot ketika otot tersebut menjadi rileks.
  • Mulai bernafas perlahan saat anda mengulangi "mantra" anda. Ini bisa apa saja mulai dari "ommm..." sampai sesuatu yang menurut anda penting.
  • Jika pikiran anda berkelana, jangan salahkan diri anda tentang hal itu, tetap tenang saja dan kembali ke kata yang anda fokuskan.
  • Setelah 15 hingga 20 menit, anda dapat berhenti bermeditasi dan duduk diam selama beberapa menit sebelum anda kembali menjalani kehidupan anda seperti biasa.
Dengan melakukan praktek ini secara teratur, anda akan melatih pikiran dan tubuh anda menjadi lebih rileks, damai dan fokus. Anda akan mengetahui bahwa ini tidak hanya mempengaruhi tingkat stres anda, tetapi juga fungsi fisik dan mental anda.

Semoga berhasil.

Informasi/Berita tentang Meditasi Untuk Mengurangi Stres ini dipublikasikan pada hari Jumat, 15 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap