Melatih Otak Lupakan Hal Memalukan

11.7.11
Ingatan selektif benar-benar ada dan orang dapat melatih pikiran mereka untuk menghapus momen memalukan dari pikiran mereka, menurut para ilmuwan.

Menekan ingatan buruk untuk waktu yang cukup lama dapat membuat kita sama sekali melupakannya, klaim para peneliti.

Para ilmuwan menggunakan EEG scan untuk memonitor bagian otak yang aktif ketika relawan secara aktif mencoba melupakan sesuatu.

Mereka juga mampu untuk menunjukkan momen tepat sebuah ingatan "dilupakan", dan mengklaim bahwa penekanan jangka waktu lama terhadap suatu ingatan merupakan langkah pasti untuk menghapus itu untuk selamanya.

Sebuah tim dari Universitas Lund di Swedia mengatakan bahwa menguasai teknik tersebut bisa bermanfaat bagi orang yang menderita depresi atau gangguan stres pasca trauma, di mana terus tinggal pada kenangan meresahkan atau traumatis memiliki efek buruk pada kesehatan mental.

Seperti yang dikutip Daily Mail (8/7/11), Peneliti Gerd Waldhauser mengatakan: "Kita tahu bahwa perasaan tertekan sering menampakkan diri sebagai reaksi fisiologis.

"Relawan kami dilatih untuk melupakan informasi netral dalam lingkungan terkontrol laboratorium. Pelatihan untuk melupakan peristiwa traumatis akan lebih kompleks."

Dia menambahkan: "Studi kami tidak hanya menunjukkan bahwa kita bisa sengaja melupakan sesuatu.

"Melalui pengukuran EEG, berhasil juga ditangkap saat tepat ketika memori dihambat, yaitu ketika kelupaan diterapkan.

"Penghambatan memori memudar setelah beberapa jam, tapi lebih sering informasi itu ditekan, semakin sulit untuk diingat.

"Jika kenangan telah ditekan selama jangka waktu panjang, akan sangat sulit untuk diingat kembali."

Informasi/Berita tentang Melatih Otak Lupakan Hal Memalukan ini dipublikasikan pada hari Senin, 11 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap