Merawat Gigi dan Mata Hindarkan Kepikunan

15.7.11
Mengunjungi dokter gigi, memeriksa kesehatan mata, dan mencoba menghindari batuk dan pilek dapat membantu mencegah kepikunan, klaim para ilmuwan.

Mereka mengatakan pemeriksaan kesehatan rutin dan menjaga diri tetap sehat dan aktif sebisa mungkin mengurangi kemungkinan terkena penyakit Alzheimer dan kondisi serupa di kemudian hari.

Para peneliti telah mengidentifikasi berbagai penyakit, nyeri dan sakit yang semuanya meningkatkan resiko kondisi kepikunan, di antaranya termasuk artritis, penglihatan buruk, patah tulang dan bahkan pemasangan gigi palsu yang tidak pas.

Meskipun keluhan itu sendiri hanya akan meningkatkan resiko yang sangat sedikit, seseorang yang menderita berbagai masalah kesehatan bisa dua kali lebih mungkin untuk mengalami kepikunan.

Para ilmuwan Kanada melihat bagaimana masalah penglihatan, pendengaran, artritis, batuk dan pilek, masalah gigi, diabetes dan tekanan darah tinggi mempengaruhi kemungkinan seseorang mengembangkan penyakit Alzheimer dan kondisi yang berhubungan dengan penyakit tersebut.

Mereka mengklaim bahwa orang normal dan sehat memiliki 18 persen kemungkinan mendapatkan penyakit ini di titik tertentu dalam hidup mereka.

Akan tetapi resiko ini naik 3,2 persen untuk setiap penyakit atau keluhan yang mempengaruhi mereka.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology merupakan bukti lanjut bahwa gaya hidup sehat dapat membantu mencegah kepikunan.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kolesterol tinggi, masalah jantung, obesitas dan merokok, semuanya meningkatkan resiko itu.

Para ilmuwan meyakini bahwa kondisi itu mungkin dipicu oleh sirkulasi buruk ke otak yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan sel.

Akan tetapi para ahli mengatakan bahwa meskipun beberapa keluhan seperti artritis, penglihatan serta pendengaran buruk tidak terhindarkan, pemeriksaan rutin ke dokter dan dokter gigi dapat membantu mengurangi resiko kepikunan.

Dr. Marie Jackson, mengatakan: "Kita tahu bahwa orang yang aktifitas serta kebugarannya berkurang secara signifikan lebih mungkin mengembangkan penyakit Alzheimer.

"Jadi sangat penting untuk mengusahakan menjaga kesehatan dan kebugaran semampu anda."

Rebecca Wood, dari Alzheimer's Research UK, mengatakan: "Penelitian besar ini telah mengungkap beberapa hasil menarik dan tak terduga, dan penting untuk melihat apakah studi lanjutan akan menemukan hal yang serupa.

"Masih terlalu dini untuk mengetahui secara pasti apakah masalah kesehatan seperti ini meningkatkan resiko kepikunan kita, tapi menjaga kesehatan secara keseluruhan baik merupakan saran yang masuk akal untuk dilakukan."

Informasi/Berita tentang Merawat Gigi dan Mata Hindarkan Kepikunan ini dipublikasikan pada hari Jumat, 15 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap