Mozart Meninggal Karena Kekurangan Vitamin D

17.7.11
Mozart meninggal pada usia 35 tahun karena dia kurang terkena sinar matahari. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kematian dini, klaim para ilmuwan.

Kalau saja Mozart dulunya sedikit lebih menghabiskan waktu di luar rumah menikmati sinar matahari, kita mungkin dapat menikmati lebih banyak lagi karya seninya.

Menurut laporan Daily Mail, para ilmuwan menemukan bahwa sang komposer tersebut, yang meninggal di usia 35 tahun, tidak memperoleh sinar matahari yang cukup.

Dia tinggal di Austria, yang lebih gelap dari sebagian besar Eropa, dan akan bekerja sepanjang malam dan tidur di siang hari.

Hal ini mencegah tubuhnya memproduksi tingkat vitamin D yang cukup.

Mozart menderita sakit sepanjang hidupnya, termasuk penyakit ginjal, cacar, demam tifoid, tonsilitis dan radang tenggorokan.

Pensiunan ilmuwan NASA Dr. William Grant meyakini bahwa kekurangan vitamin D merupakan penyebab kesehatan buruk serta kematian dini komposer tersebut.

Dr. Grant mengatakan: "Hampir setiap penyakit memiliki koneksi vitamin D. Kalau saja Mozart tahu tentang vitamin D dan memiliki akses ke suplemen, ia bisa menggandakan karya seni sepanjang hidupnya."

"Vitamin sinar matahari" penting untuk kesehatan tulang dan diproduksi ketika kulit terkena ultraviolet B sinar matahari.

Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan banyak kondisi medis, dan meningkatkan resiko mengembangkan influenza, pneumonia, kanker tertentu, penyakit jantung serta nyeri otot dan tulang.

"Hal yang sama berlaku untuk beberapa musisi terkenal lainnya yang meninggal pada usia muda.

"Saya pikir musisi modern tidak menyadari bahwa dengan tinggal di dalam rumah, mereka tidak mendapatkan jumlah vitamin D cukup yang mereka butuhkan."

Studi tersebut "Masalah Kesehatan Seniman" juga menunjukkan bahwa dua musisi terkenal lainnya meninggal karena kekurangan sinar matahari.

Pemain cello Inggris Jacqueline Mary du Pre meninggal pada tahun 1987 pada usia 42 tahun karena komplikasi sklerosis, penyakit yang terkait dengan kekurangan vitamin D.

Komposer Austria Gustav Mahler meninggal pada tahun 1911 karena endokarditis bakteri, yang juga disebabkan oleh kekurangan vitamin D.

Banyak yang berspekulasi atas kematian Mozart. Ia dimakamkan hanya tiga hari setelah ia meninggal pada tahun 1791, dan tidak ada otopsi yang pernah dilakukan.

Khususnya bagi anda yang banyak meluangkan waktu dalam ruangan atau kurang mendapatkan sinar matahari, tak ada salahnya mengkonsumsi suplemen vitamin D secukupnya untuk menjaga kesehatan anda.

Informasi/Berita tentang Mozart Meninggal Karena Kekurangan Vitamin D ini dipublikasikan pada hari Minggu, 17 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap