Operasi Plastik Baru: "Voice Lift"

17.7.11
Kemewahan baru dalam dunia operasi plastik bagi mereka yang mencari mata air awet muda adalah "voice lift", dirancang untuk membuat suara pasien terdengar lebih muda.

Di masa lalu, sebagian besar dokter telah melakukan operasi pita suara pada orang yang mengalami penyakit atau cedera. Sekarang operasi plastik atau bedah kosmetik untuk suara (voice lift) semakin dikenal secara luas di kalangan masyarakat senior yang kecewa mendengar suara serak yang membuat mereka terdengar lebih tua.

Para profesional yang menggunakan suara mereka, termasuk penyanyi, pengacara, operator telepon, mencari tahu tentang prosedur bedah tersebut, dengan harapan dapat memudakan kembali suara mereka.

Akan tetap dokter memberi peringatan terhadap operasi plastik yang dilakukan pada pita suara yang masih normal, kecuali yang sudah menua.

Ada dua jenis umum voice lift: Dalam beberapa kasus, implan dimasukkan melalui sayatan di leher yang mendekatkan pita suara. Dokter juga menggunakan suntikan zat lemak, kolagen atau substansi lainnya untuk menyokong pita suara dan membuatnya lebih lentur, sehingga suara terdengar lebih muda.

Ada banyak resiko dalam prosedur itu, kata para ahli.

"Tak jarang dalam upaya untuk mendekatkan pita suara malah menjadi terlalu dekat," tutur Dr. Steven Zeitels, seorang profesor di Harvard Medical School. "Anda dapat membuat suaranya lebih buruk, dan kita pernah melihat kasus di mana hal itu bisa terjadi."

Untuk menghasilkan suara, pita suara harus bertemu satu sama lain pada rasio antara 120 dan 220 kali per menit, dan tingkat penggunaan yang tinggi menyebabkan masalah. Tidak seperti kulit, permukaan pita suara tidak melorot ketika kita bertambah tua, malah semakin kaku. "Seiring waktu, dengan penggunaan suara, pita itu menurun tingkat kelenturannya," jelas Zeitels. "Pitanya menjadi kaku yang membuatnya lebih sulit untuk bergetar."

Menyanyi, merokok dan berbicara sehari-hari dapat membuat pita suara kurang lentur dan perkataan kurang jelas.

Meskipun demikian, suara yang berubah tidak boleh diabaikan atau hanya diaanggap sebagai faktor penuaan. Perubahan suara dapat menjadi tanda awal polip, pita suara yang lumpuh, atau bahkan jaringan kanker pada kotak suara. Dokter dapat menggunakan semuanya mulai dari bedah tradisional hingga penggunaan sinar laser untuk mengobati gangguan tersebut.

Mungkin akan ada cara yang lebih aman untuk mengobati suara yang terdengar tua di masa yang akan datang. Para peneliti sedang melihat pada bahan kimia dan material baru yang dapat disuntikkan dengan aman ke pita suara yang menua.

Informasi/Berita tentang Operasi Plastik Baru: "Voice Lift" ini dipublikasikan pada hari Minggu, 17 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap