Tips Mengambil Foto Neon Box

14.7.11
Banyak fotografer merasa bahwa mengambil foto neon box itu sulit dan membutuhkan keahlian sehingga kemudian menghindarinya. Akan tetapi dengan teknik fotografi tepat, hal itu mungkin dilakukan.

Sebagai langkah pertama anda harus memilih waktu terbaik untuk mengambil foto neon box. Jika tujuan anda hanya ingin memfokuskan pada neon tersebut, anda dapat memotretnya kapan pun anda mau. Akan tetapi, jika anda berencana untuk mengambil foto yang juga melibatkan suasana sekitarnya, waktu ideal untuk mengambil foto tersebut ialah 15 menit sebelum fajar menyingsing atau 10 menit setelah matahari terbenam. Waktu tersebut dinamakan waktu biru karena cukup gelap untuk memperkenankan neon box terlihat dengan baik, dan juga ada cukup cahaya untuk menerangi lingkungan sekitar.

Disarankan untuk mematikan fitur flash otomatis pada kamera anda sesuai buku petunjuk kamera. Anda dapat menggunakan pengukuran cahaya internal kamera untuk mengambil foto tersebut dan fungsi pengukuran matriks baik dalam hal ini. Jika kamera anda memiliki fitur pengukuran spot, maka anda dapat mengukur jangkauan luas pada area fotografi, termasuk daerah yang paling terang dan yang paling gelap.

Disarankan anda meletakkan kamera pada tripod untuk mengambil foto. Tripod akan memberikan kestabilan ke kamera dan membantu mengeliminasi kemungkinan foto kabur yang mungkin terjadi jika anda memotret dengan tangan. Anda dapat juga meminimalisir kekaburan dengan menggunakan remote shutter release.

Anda mungkin harus mengikuti beberapa teknik berbeda ketika menggunakan kamera digital. Anda dapat menyetel kecepatan ISO yang sesuai.

Anda harus menyetel white-balance pada kamera digital untuk pencahayaan dan jika anda menyetelnya untuk daylight atau siang hari, gambar tersebut akan menampilkan cahaya hangat. Selanjutnya, setelan tungsten akan membuat langit lebih biru. Anda bisa melakukan eksperimen sendiri untuk menemukan setelan yang terbaik.

Bagi anda yang ingin mendapatkan foto neon box yang jelas dan tajam, beberapa tips berikut dapat membantu anda.
  1. Setel ISO semaksimal mungkin.
  2. Dekatkan kamera ke neon box sedekat mungkin.
  3. Buka apertura pada bukaan terbesar. Apertura adalah f-stop dan diukur dengan angka 2.8, 4.0, 5.6, 8.0 dst. Jaga agar tetap berada di angka terendah.
  4. Jangan menyetel shutter speed atau kecepatan rana di bawah 1/100 detik.
  5. Jangan pernah menggunakan flash. Itu hanya akan menerangi latar belakang dan merusak keseluruhan efek.
Masalah rumit tentang mengambil foto neon box ialah bahwa anda memotret cahayanya. Karena fungsi kamera merekam cahaya, hampir dipastikan dapat mengambil gambar neon box, meskipun langit di sekitarnya sama sekali gelap.

Semua fotografer terkenal mulai dari tingkat yang paling bawah di mana mereka memiliki sedikit pengetahuan tentang fotografi lalu mengembangkan teknik mereka sendiri. Anda pun dapat melakukan tersebut. Kuncinya ialah bereksperimen. Mungkin saja anda bisa menemukan teknik baru yang dapat menghasilkan foto neon box yang sempurna.

Informasi/Berita tentang Tips Mengambil Foto Neon Box ini dipublikasikan pada hari Kamis, 14 Juli 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap