Mozilla Firefox 6

17.8.11
Mozilla telah menyiapkan Firefox 6, delapan minggu setelah merilis Firefox 5. Sama seperti Firefox 5, tidak banyak yang berubah. Nama domain di address bar sekarang disorot, untuk membuat phishing lebih jelas terlihat, sama seperti fitur yang ditemukan pada Internet Explorer. Mozilla mengklaim bahwa ada perbaikan kecepatan. Perbaikan yang lebih substansial ialah fitur pipeline untuk Firefox 7 dan mesin JavaScript yang menggunakan memori lebih sedikit.

Mozilla Firefox 6
Rilis perbaikan ini tampaknya sebagai patokan untuk versi Firefox di masa yang akan datang. Fitur yang lebih besar masih akan muncul dari waktu ke waktu, tapi sebagian besarnya para pengguna hanya akan mengalami perbaikan terus-menerus. Update Firefox harus otomatis dan tidak terlihat. Yang lebih penting ialah fiturnya dan bukan nomor versinya. Mozilla sebagaimana Google menginginkan para pengembang untuk berhenti menargetkan versi peramban (browser) tertentu, akan tetapi lebih kepada standarnya. Rilis berkala merupakan langkah untuk mencapai tujuan itu.

Kunci lainnya ialah mengecilkan nomor versi. Lagi-lagi Chrome memberikan contoh jelas di sini, jika anda melihat halaman download Chrome, misalnya, tidak ada indikasi versi Chrome mana yang akan anda dapatkan. Hanya "yang terbaru".

Namun, Mozilla ingin mengambil langkah lebih jauh. Sebuah fitur permintaan dimasukkan ke dalam sistem bug Mozilla (fitur permintaan bukanlah bug, tapi Mozilla menggunakan satu sistem untuk mengelola semua) untuk penghapusan nomor versi dari kotak "about" Firefox. Alih-alih kotak itu ditujukkan untuk dua hal: menampilkan nama produk dan link ke informasi hukum, dan menunjukkan sudah berapa lama Firefox telah diupdate, dan untuk pemeriksaan sekarang. Tidak akan ada nomor versi, hanya indikator apakah browser itu yang terbaru atau tidak.

Terjadi banyak perdebatan mengenai hal tersebut. Meskipun nomor versi tidak terlalu penting, itu hanyalah bagian sepele yang diharapkan oleh pengguna untuk bisa melihatnya. Menempatkannya di sana tidak akan menyakiti siapapun, dan konsisten dengan harapan mereka. Masalah terbesar nomor versi peramban bukanlah pengguna peramban, tapi pengembang Web, membuat keputusan berdasarkan string versi. Jika Mozilla benar-benar serius menghilangkan ketergantungan orang pada nomor versi, bukan kotak "about" yang harus kehilangan nomor versi tapi informasi versi yang dikirimkan ke setiap server Web setiap kali peramban meminta halaman. Biarkan informasi versi hanya bisa diakses oleh pengguna dan cegah para pengembang memiliki akses ke sana. Itulah yang benar-benar penting.

Informasi/Berita tentang Mozilla Firefox 6 ini dipublikasikan pada hari Rabu, 17 Agustus 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap