Ponsel Yang Bisa Ditempel di Kulit

16.8.11
Mungkin dalam waktu dekat ini kita bisa memakai komputer atau ponsel di bawah lengan baju, dengan ditemukannya sirkuit elektronik ultra tipis dan fleksibel yang dapat menempel di kulit seperti tato sementara.

Perangkat yang hampir tak terlihat tersebut dapat berfungsi seperti mesin elektronik konvensional tapi tanpa kabel atau pasokan listrik besar, kata para ilmuwan. Perkembangan ini dapat menandai era baru dalam hal elektronik untuk konsumen. Teknologi ini dapat digunakan mulai dari aplikasi untuk diagnosa medis hingga operasi rahasia militer.

"Sistem elektronik epidermis" bergantung pada sirkuit listrik yang sangat fleksibel yang terdiri dari saluran konduktor yang dapat dibengkokan dan diregangkan tanpa mempengaruhi kinerja. Rangkaiannya kira-kira berukuran seperti perangko, lebih tipis dari rambut manusia dan menempel pada kulit manusia dengan gaya elektrostatik alami bukan karena lem.

"Kami pikir ini bisa menjadi suatu kemajuan konseptual penting dalam perangkat elektronik yang dapat dikenakkan, untuk mencapai sesuatu yang hampir tidak dapat diperhatikan oleh orang yang mengenakannya," kata Profesor Todd Coleman dari University of Illinois, yang memimpin tim peneliti.

Pengujian telah menunjukkan bahwa sistem seperti itu dapat digunakan untuk mengontrol permainan komputer yang diaktifkan oleh suara, dan disarankan untuk rangkaian kotak suara yang dapat ditempel untuk digunakan dalam operasi rahasia polisi ketika terlalu berbahaya untuk berbicara melalui pemancar radio.

"Membuat perangkat elektronik menjadi tidak kentara dan biologi adalah maksud utamanya di sini," kata Yonggang Huang, profesor teknik di Northwestern University di Illinois.

Informasi/Berita tentang Ponsel Yang Bisa Ditempel di Kulit ini dipublikasikan pada hari Selasa, 16 Agustus 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap