Robot Ini Bisa Berjalan di Atas Air

3.8.11
Ya, robot air mikro dapat berjalan atau berlari di atas air. Robot ini rancangannya terinspirasi dari kemampuan menakjubkan anggang-anggang, serangga berkaki panjang yang dapat meluncur dengan mudah di kolam, sumur atau di permukaan danau.

Robot Berjalan di Atas Air

Menurut para ilmuwan, robot bionik itu adalah suatu kemajuan besar bila dibandingkan dengan perangkat sebelumnya sejenis ini. Robot ini bisa digunakan untuk misi mata-mata militer, pemantauan polusi air, serta aplikasi lainnya.

Walaupun robot mikro ini seberat 390 serangga anggang-anggang, benda tersebut tidak tenggelam ketika ditempatkan di atas air, tapi berdiri, berjalan dan berlari dengan gampangnya di atas permukaan air, demikian seperti yang dilaporkan jurnal Applied Materials & Interfaces.

"Berjalan di atas air adalah impian manusia, tapi demikianlah cara hidup beberapa serangga air," kata Qinmin Pan, profesor teknik kimia di Universitas Zhejiang yang telah berhasil dalam pencapaian ini.

Ilmuwan lainnya telah membuat perangkat air kecil berdasarkan anggang-anggang, tapi hingga kini tak seorang pun menemukan cara untuk membuat robot berjalan di atas air yang praktis, gesit, dan murah, menurut pernyataan Universitas Zhejiang.

Robot baru ini memiliki tubuh berukuran kira-kira seperti uang logam, memiliki 10 kaki kawat penolak air, dan dua kaki yang bisa digerakkan seperti dayung yang didorong oleh dua motor mini.

Informasi/Berita tentang Robot Ini Bisa Berjalan di Atas Air ini dipublikasikan pada hari Rabu, 03 Agustus 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap