Tips Memotret Sunrise Untuk Pemula

10.8.11
Pemula dalam dunia fotografi akan selalu memprioritaskan mengambil foto sunset. Akan tetapi memotret sunrise juga memiliki keuntungan yang sama. Album foto anda tak akan lengkap tanpa kehadiran foto pemandangan pagi yang indah. Memotret sunrise cukup mudah karena hal itu terjadi setiap hari. Namun, lain ceritanya jika anda ingin membuat suatu mahakarya. Praktek itu penting untuk mengasah kemampuan seseorang.

Tips Memotret Sunrise

Untuk memotret sunrise, anda perlu kamera yang memadai dengan beberapa fitur yang sangat penting. Beberapa fitur yang sangat praktis ialah mengubah jarak fokus dan eksposur. Anda juga perlu tripod atau permukaan rata untuk menempatkan kamera anda, jika diperlukan. Tentu saja penting bagi anda untuk mengetahui juga beberapa dasar fotografi, misalnya melakukan komposisi, membingkai subyek, dan sebagainya.

Sebelum pergi ke tempat di mana anda akan memotret sunrise, sebaiknya anda mengumpulkan informasi terlebih dahulu. Sehari sebelumnya, lihatlah prakiraan cuaca. Tentu saja anda tidak mau bangun pagi keesokan harinya dan melihat langit penuh dengan awan. Juga, pergilah ke tempat pemotretan beberapa waktu sebelum matahari benar-benar terbit. Ini dimaksudkan agar anda bisa menemukan titik yang paling baik untuk memotret.

Beberapa bagian yang paling menantang dalam fotografi sunrise ialah membuat komposisi dan pembingkaian subyek. Jika langit sudah cukup dramatis, anda bisa langsung memotret pemandangannya. Jika tidak, sebaiknya memasukkan beberapa obyek ke dalam bingkai agar fotonya menjadi lebih menarik. Dalam hal ini anda perlu mengandalkan kreatifitas anda. Anda bisa mengikutsertakan gunung, rumah, pohon, orang, dan sebagainya.

Salah satu cara untuk mendramatisir foto sunrise anda ialah menampilkan efek siluet. Untuk memastikan bagian depan tetap gelap, buat pengukuran cahaya pada langit, dan bukan pada obyek depan. Pilihlah obyek yang mudah dikenali atau bentuk yang tidak biasa. Jika ditempatkan dengan benar, obyek tersebut dapat melengkapi foto anda dan membuat komposisinya lebih menarik untuk dilihat.

Jangan hanya puas dengan satu pengambilan foto. Buat beberapa foto sunrise dengan komposisi berbeda. Untuk masalah komposisi, sebaiknya anda telah mengenal tempat pengambilan foto itu sebelum anda benar-benar memotret sunrise. Anda tidak ingin dipusingkan dengan gedung-gedung, tiang-tiang listrik, serta benda-benda lain yang bisa menjadi penghalang, kecuali anda memang ingin mengikutsertakannya ke dalam komposisi anda. Itulah sebabnya penting bagi anda untuk mengunjungi tempat pemotretan setidaknya sehari sebelumnya.

Lihatlah titik-titik atau sudut yang bisa membuat foto sunrise anda menjadi lebih menarik. Hindari titik-titik yang akan membuat foto sunrise anda kelihatan umum. Walaupun itu merupakan sunrise paling indah yang pernah ada, belum tentu akan menjadi karya foto yang baik jika anda tidak tahu bagaimana cara memotretnya dengan baik.

Dengan persiapan memadai, memotret sunrise menjadi sesuatu yang mudah dilakukan dan menguntungkan. Jika anda belum bisa membuat foto sunrise yang mengagumkan, jangan kecewa. Banyak melakukan praktek akan menyempurnakan kemampuan anda. Seiring waktu, anda akan merasakan kemampuan anda dalam fotografi dan belajar cara memanfaatkannya untuk keuntungan anda.

Informasi/Berita tentang Tips Memotret Sunrise Untuk Pemula ini dipublikasikan pada hari Rabu, 10 Agustus 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap