Tips Mempercepat Komputer

2.8.11
Tulisan ini akan membahas tips mempercepat komputer yang bisa anda praktekkan untuk membuat PC anda lebih cepat dan lebih dapat diandalkan.

Tips Mempercepat Komputer


Wallpaper

Ini akan memperlambat sistem komputer, jadi jika anda ingin mengutamakan kecepatan, jangan menggunakan wallpaper.

Driver

Update driver perangkat keras anda sesering mungkin. Driver baru cenderung meningkatkan kecepatan sistem komputer.


Minimize

Jika anda menjalankan beberapa program secara bersamaan, maka minimize-kan program yang tidak anda gunakan. Hal ini akan membantu mengurangi beban RAM.

Restart Windows

Ketika me-restart PC anda, tekan dan tahan Shift untuk hanya me-restart Windows saja daripada keseluruhan sistem yang akan membutuhkan waktu lebih lama.

Nonaktifkan Animasi

Masuk ke Display Settings dari Control Panel atau klik kanan pada desktop lalu klik Properties dan pilih Appearance kemudian Effects. Sekarang nonaktifkan Show Windows Content While Dragging dan Smooth Edges on Screen Fonts.

Akses Start-Menu Lebih Cepat

Klik Start menu dan pilih Run. Ketikkan Regedit dan tekan Enter. Editor Registry akan muncul pada layar. Sekarang buka folder HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop. Temukan MenuShowDelay. Jika anda tidak menemukannya, klik kanan pada area kosong di sebelah kanan dan pilih New String. Ganti namanya dengan MenuShow Delay. Klik dua kali dan masukkan angka 0. Hal ini akan mempercepat akses anda di start menu.

Resolusi Layar

Jika anda bersedia melakukan apa saja untuk mempercepat komputer anda, maka cobalah untuk menurunkan resolusi layar anda. Semakin rendah semakin cepat komputer anda.

Seringlah Men-defrag

Selain mencegah kerusakan hard disk, dengan melakukan defragment, data anda akan diatur sehingga program akan dijalankan lebih cepat.

Tidurkan Komputer Anda

Daripada mematikan komputer cobalah untuk memposisikannya dalam keadaan standby. Dengan begitu ketika anda ingin menggunakan komputer, anda tidak perlu lagi menunggu proses booting yang lama.

Me-refresh Taskbar Tanpa Restart

Jika anda mengubah taskbar, baik melalui Regedit atau lainnya, anda dapat me-refresh taskbar tanpa melakukan restart. Tekan Ctrl+Alt+Del untuk memunculkan Windows Task Manager. Pada tab Processes cari dan hentikan explorer.exe. Ini akan me-refresh taskbar dan system tray.

Program Start Up

Windows bisa menjadi lambat jika menjalankan program pada start up. Untuk mengeliminasi ini, lihat folder Start up. Anda dapat mengaksesnya dari Start menu, Programs, Start Up. Lihat mana yang tidak begitu penting. Cara lain untuk menghentikan program bahkan sebelum Windows dimulai ialah dengan mengklik Start kemudian Run dan ketikkan msconfig. Pilih program mana yang anda ingin jalankan saat booting dan mana yang anda tidak inginkan.

Fonts

Ketika Windows dimulai, setiap font yang ada di folder Fonts akan dimuat. Oleh karena itu semakin banyak font anda maka semakin lambat proses booting. Untuk mengeluarkan font yang tidak anda butuhkan, masuk ke c:\windows\Fonts dan hapus font yang anda tidak inginkan. Font dengan ikon huruf merah "A" adalah font sistem, jadi jangan menghapusnya.

Informasi/Berita tentang Tips Mempercepat Komputer ini dipublikasikan pada hari Selasa, 02 Agustus 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap