Wikipedia Kehilangan Kontributor

6.8.11
Wikipedia, ensikopledia online yang sepenuhnya ditulis oleh para relawan dan memungkinkan setiap orang bisa mengedit entri, kehilangan kontributornya, keluh sang pendiri Wikipedia.

Wikipedia Kehilangan Kontributor
Berbicara kepada Associated Press di sela-sela konferensi tahunan situs tersebut, pendiri Wikipedia Jimmy Wales mengatakan perusahaan nirlaba yang menjalankan situs tersebut berjuang untuk menyederhanakan prosedur pengeditan dalam upayanya untuk mempertahankan para sukarelawan.

"Kami tidak melengkapi kembali peringkat kami," kata Wales. "Ini bukan krisis, tapi saya menganggapnya sangat penting."

Wikipedia saat ini menduduki peringkat kelima sebagai situs yang paling banyak dikunjungi. Para administratornya bekerja untuk menyederhanakan cara agar pengguna dapat berkontribusi dan mengedit materi. "Banyak bagian yang berbelit-belit," kata Wales. "Banyak pedoman editorial... yang tidak dapat ditembus oleh pengguna baru."

Wikipedia memiliki lebih dari 3 juta entri tapi telah dirusak oleh entri subjektif dan kelakar. Meskipun demikian, Wikipedia memuji studi yang membandingkan akurasi situs tersebut dengan ensiklopedia yang lebih konvensional, walau penelitian lain memberikan penilaian yang lebih rendah.

Di samping pencapaian popularitas luas Wikipedia, Wales mengatakan bahwa tak selamanya kontributor akan tetap berkontribusi di situs itu karena ada hal lain yang perlu dilakukan mereka dan setelah 10 tahun Wikipedia diluncurkan, hanya sedikit entri baru yang bisa ditambahkan.

Pada bulan Maret, Wikipedia memiliki sekitar 90.000 kontributor aktif. Tujuannya ialah untuk mendapatkan 5.000 lagi pada bulan Juni tahun depan, kata Sue Gardner, direktur eksekutif perusahaan nonprofit tersebut yang menjalankan situs itu.

Beberapa langkah-langkahnya, Gardner mengatakan perusahaan nonprofit itu sedang mengembangkan sebuah program yang mendorong dosen untuk menetapkan penulisan entri Wikipedia untuk mahasiswa mereka, terutama di India, Brasil, Kanada, Jerman, dan Inggris.

Situs ini juga telah memperkenalkan fitur baru yang disebut WikiLove yang bertujuan melibatkan para pengguna. Pengunjung situs itu memilih ikon grafis, pilihannya termasuk bintang, anak kucing, dan makanan penutup Mediterania baklava, dan mengirimkannya sebagai pesan penghargaan terhadap kontributor sebagai dorongan. "Hal itu hampir sama dengan tombol "suka" Facebook," kata Wales.

Konfrensi tahunan ketujuh Wikipedia yang diselenggarakan tahun ini di Israel dihadiri oleh sekitar 650 kontributor Wikipedia dan penggemar dari 56 negara. Dua kontributor berasal dari Venezuela dan Indonesia, meskipun Venezuela dan Indonesia sendiri tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Seorang Palestina dari Tepi Barat juga hadir, dengan izin militer Israel.

Pimpinan Wikipedia meyakinkan penggunanya bahwa reputasi situs ini kuat, tidak lagi membangkitkan kemarahan para guru dan para wartawan yang mengklaim bahwa entrinya tidak dapat dipercaya.

Informasi/Berita tentang Wikipedia Kehilangan Kontributor ini dipublikasikan pada hari Sabtu, 06 Agustus 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap