Atasi Stres Di Tempat Kerja Dengan Tanaman

9.9.11
Jika anda merasa stres atau letih sewaktu di kantor, memelihara tanaman pot di atas meja anda bisa membawa manfaat kesehatan, menurut penelitian baru.

Atasi Stres Di Tempat Kerja Dengan Tanaman
Dalam studi tersebut yang dipimpin oleh pakar psikologi lingkungan Tina Bringslimark dan timnya di University of Life Sciences Norwegia, dan Uppsala University, Swedia, para peneliti menemukan bahwa keberadaan tanaman pot di kantor mengurangi keletihan, stres, tenggorokan kering, sakit kepala, batuk dan kulit kering para karyawan.

Dalam studi kedua yang dilakukan pada 385 karyawan kantor, para peneliti melihat pada rasio tidak masuk kerja karena sakit dan jumlah tanaman yang bisa mereka lihat dari meja mereka. Hasil menunjukkan bahwa semakin banyak tanaman yang bisa mereka lihat, semakin kurang mereka tidak masuk kantor karena sakit.

Penjelasannya ialah bahwa tanaman dan mikroba dalam tanahnya cukup baik menghilangkan senyawa organik mudah menguap yang dapat mempengaruhi kesehatan.

"Ada juga penjelasan pskiologi bahwa orang menganggap tanaman itu menyehatkan dan orang mengevaluasi kondisi kesehatannya secara lebih optimis," tutur Bringslimark.

Tanaman pot secara khusus bermanfaat bagi kantor di mana karyawannya tidak memiliki jendela, menurut laporan dari Washington State University.

Dalam penelitian di AS, para karyawan menyelesaikan tugas komputer dengan batasan waktu dengan atau tanpa adanya tanaman. Ketika tanaman ada, para karyawan lebih produktif dan memiliki reaksi waktu 12 persen lebih cepat. Mereka kurang stres dan tekanan darahnya lebih rendah.

Bringslimark mengatakan bahwa tanaman berdaun, atau tanaman rumah bisa saja lebih baik daripada tanaman berbunga.

Informasi/Berita tentang Atasi Stres Di Tempat Kerja Dengan Tanaman ini dipublikasikan pada hari Jumat, 09 September 2011

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap