Kura-kura Ini Bisa Memangsa Buaya

18.5.12
Kura-kura yang satu ini bisa memangsa buaya karena ukurannya yang cukup besar. Kura-kura tersebut hidup 60 juta tahun yang lalu dan merupakan salah satu makhluk prasejarah. Fosilnya ditemukan di Kolombia. Ukuran kura-kura tersebut kira-kira seperti mobil kecil.

Kura-kura Pemangsa Buaya
Fosilnya ditemukan di sebuah tambang batu bara di bagian utara Kolombia pada tahun 2005, dan oleh karena itu ia dinamakan Carbonemys cofrinii atau kura-kura batu bara. Kura-kura tersebut memiliki tengkorak kira-kira sebesar bola kaki, dan cangkangnya berukuran sekitar 1,6 meter.

"Kami telah merestorasi spesimen kura-kura kecil dari situs tersebut, namun setelah meluangkan sekitar empat hari mengerjakan cangkang tersebut, saya menyadari bahwa jenis kura-kura ini merupakan yang terbesar yang pernah ditemukan di daerah ini, dan hal ini memberikan bukti pertama gigantisme kura-kura air tawar," tutur Cadena.

Kerabat mereka yang lebih kecil sudah ada bersama-sama dengan dinosaurus, tapi setelah kepergian dinosaurus jenis raksasa ini muncul dalam rekaman fosil. Kenaikan ukuran yang sama juga terjadi pada beberapa hewan selama periode ini, seperti Titanoboa cerrejobensis, ular terbesar yang pernah ditemukan.

Para ilmuwan berpikir bahwa kenaikan ukuran ini dikarenakan berkurangnya predator, habitat yang lebih besar, makanan berlimpah, dan perubahan iklim.

Rahang kuat yang dimiliki kura-kura tersebut memungkinkan mereka untuk memakan hampir segalanya, mulai dari moluska hingga buaya.

Hanya satu spesimen yang ditemukan sejauh ini. Menurut para peneliti, hal itu cenderung disebabkan karena mereka membutuhkan wilayah yang lebih besar untuk mendapatkan makanan yang mereka perlukan.

"Hal itu seperti seekor kura-kura raksasa hidup di tengah-tengah danau," kata Ksepka, salah satu penulis makalah yang menjelaskan tentang penemuan itu. "Kura-kura tersebut bertahan hidup karena telah memakan semua pesaing sebagai sumber makanan. Kami menemukan banyak cangkang yang ada bekas gigitan di situs ini yang menunjukan bahwa buaya juga memangsa kura-kura kecil, tapi tidak ada yang berani mengganggu Carbonemys dewasa, malahan buaya yang lebih kecil merupakan mangsa bagi kura-kura raksasa ini."

Penemuan ini dipublikasikan di Journal of Systematic Palaeontology.

Informasi/Berita tentang Kura-kura Ini Bisa Memangsa Buaya ini dipublikasikan pada hari Jumat, 18 Mei 2012

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap