Virus Penghasil Listrik

15.5.12
Para ilmuwan di AS mengklaim bahwa mereka menemukan cara untuk menghasilkan listrik dari virus-virus yang telah direkayasa.

Virus Penghasil Listrik
Mereka mengatakan bahwa virus-virus tersebut mengkonversi energi dari tepukkan jari ke pengisian elektrik.

Mereka menguji proses tersebut dengan generator yang berukuran seperti perangko yang menghasilkan cukup energi untuk mengoperasikan LCD atau liquid-crystal display kecil.

Menurut para peneliti, ini merupakan pertama kalinya material biologis piezoelektrik dimanfaatkan. Piezoelektrik merupakan akumulasi pengisian ketika ditempatkan dalam tekanan mekanis.

Para peneliti di US Department of Energy's Lawrence Berkeley National Laboratory mengatakan bahwa tonggak penemuan ini bisa mengarah pada pengembangan peralatan-peralatan kecil yang memanfaatkan energi listrik dari getaran-getaran aktivitas sehari-hari misalnya menutup pintu atau naik tangga.

Seung-Wuk Lee, rekan profesor rekayasa biologis UC Berkeley yang mengerjakan penelitian tersebut mengatakan: "Lebih banyak penelitian dibutuhkan, tapi hasil kerja kami merupakan langkah pertama yang cukup menjanjikan ke arah pengembangan pembangkit tenaga sendiri untuk peralatan nano serta peralatan lainnya yang berbasis viral elektronik.

Penemuan ini dipublikasikan di jurnal Nature Nanotechnology.

Informasi/Berita tentang Virus Penghasil Listrik ini dipublikasikan pada hari Selasa, 15 Mei 2012

-
 
beritasi.blogspot.com - sitemap